Tantangan Profesi Wartawan

Memenuhi Kewajiban Publik dengan Kebebasan Menulis *

I Made Sanakumara, wartawan wordly.id
banner 120x600

Profesi wartawan adalah salah satu profesi yang memiliki tantangan dan peran penting dalam masyarakat. Wartawan memiliki kebebasan untuk menulis berdasarkan fakta yang mereka lihat dan dengar. Namun, dengan kebebasan tersebut, juga ada tanggung jawab yang harus diemban.

Sebelum menulis sebuah berita, wartawan harus selalu melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Ini merupakan langkah penting dalam memastikan kebenaran informasi yang akan disajikan kepada publik. Wartawan juga diharapkan taat pada kode etik dan Undang-Undang Pers yang berlaku.

Tak hanya itu, profesi wartawan juga memiliki variasi status sosial. Seorang wartawan dapat berinteraksi dengan berbagai kalangan, mulai dari abang gojek di pagi hari, makan bersama pejabat di siang hari, hingga berbincang dengan pemuka agama di sore hari. Bahkan di malam hari, mereka juga dapat ditemui di kafe, diskotek, atau bar. Hal ini menunjukkan betapa wartawan memiliki akses ke berbagai lapisan masyarakat.

Sehari-hari, wartawan berusaha menyampaikan informasi kepada publik tanpa memedulikan apakah informasi tersebut akan diapresiasi atau dicaci. Tujuan utamanya adalah memenuhi kewajiban profesional untuk memberikan informasi yang akurat dan relevan kepada masyarakat.

Wartawan berkomitmen untuk menyampaikan informasi berdasarkan kebenaran yang diyakini. Mereka melakukan pemeriksaan dan verifikasi berita sebelum menyajikannya. Namun, tidak dapat diabaikan bahwa dalam menjalankan tugasnya, wartawan juga dapat menghadapi risiko yang mengancam nyawa mereka sendiri dan keluarga mereka. Ini menunjukkan betapa agungnya profesi wartawan ini.

Peran wartawan tidak dapat diremehkan. Mereka memiliki pengaruh besar dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Bahkan dalam sejarah, kemerdekaan Indonesia dikumandangkan kepada seluruh dunia melalui media yang dilakukan oleh seorang wartawan.

Namun, penting juga untuk diingat bahwa wartawan tidak perlu dibungkam. Mereka hanya perlu mendapatkan bimbingan dan pengawasan yang profesional. Pers merupakan bagian penting dari demokrasi dalam suatu negara. Wartawan adalah penentu masa depan suatu bangsa, kemajuan negara, dan juga pertahanan negara itu sendiri.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menghargai kerja keras wartawan, reporter, dan jurnalis dalam mencari dan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Undang-Undang Pers juga memberikan perlindungan terhadap kebebasan pers. Pasal 18 ayat (1) UU Pers menyatakan bahwa setiap orang yang dengan sengaja menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan-ketentuan yang berlaku dapat dikenakan pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp 500.000.000.

 

* Penulis adalah jurnalis wordly.id dan Pengurus SMSI NTB.