KSI Sebut BEM UGM Alami Degradasi Idealisme

banner 120x600

Wordly.id – NTT |Label yang disampaikan oleh BEM UGM terhadap prestasi Jokowi terlihat sebagai pendekatan yang lebih bersifat seremonial dan cenderung tendensius terhadap pribadi atau sosok figur jokowi bukan pada kebijakan. Saya sedih melihat adik-adik mahasiswa sekarang ini kurang memberikan ruang untuk evaluasi kritis. Respons ini tampaknya lebih fokus pada pesan daripada penilaian obyektif terhadap kinerja pemerintahan.

Menggunakan kata-kata seperti “alumnus memalukan” dan “kritik provokatif yang tendensius di tengah pesta demokrasi” mungkin menciptakan kesan bahwa respons ini lebih sebagai upaya membangun dukungan kepada calon presiden tertentu daripada memberikan analisis mendalam terhadap kebijakan-kebijakan yang telah diterapkan.

“Saya melihat apa yang BEM UGM lakukan hanya sebagai gimik dan bentuk lain dari degradasi idealisme mahasiswa. Lebih spesifik, saya melihat respons BEM KM UGM tersebut lebih sebagai strategi politik daripada ekspresi dari nilai-nilai idealisme mahasiswa.” Sebut Terry Janu, Juru Bicara Kabeh Sedulur Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 13 Desember 2023.

Menurut Terry Janu, Sebagai BEM, seharusnya lebih mengedepankan kebutuhan untuk memberikan ruang diskusi dan penilaian yang lebih mendalam terhadap kinerja pemerintahan. Bukan muncul dan mengambil peran dalam politik pragmatis.

Seyogianya, lanjut alumni UST Jogja ini agar BEM UGM menganalisa, mengevaluasi pencapaian luar biasa Presiden Joko Widodo, seorang alumnus lahir dari Yogyakarta yang menjadi kebanggaan Universitas Gadjah Mada.

Sebagai pemimpin, kata Terry Janu, Jokowi telah mencatat sejumlah prestasi gemilang dalam meningkatkan derajat bangsa.

“Transformasi infrastruktur sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi adalah salah satu keberhasilannya. Dengan tekad kuat, Jokowi memimpin pembangunan jaringan jalan, bandara, dan pelabuhan, membuka pintu kemajuan di seluruh negeri.”

Selain itu, upaya konkret dalam penguatan ekonomi juga patut diapresiasi. Melalui reformasi birokrasi, penanggulangan kemiskinan, dan program bantuan sosial, Jokowi berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Keberhasilannya (Presiden Jokowi) memberikan dorongan positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan distribusi keadilan di tanah air.”

Sebagai alumnus UGM, semangat inovasi dan kepemimpinan Jokowi mencerminkan dedikasi terhadap pendidikan yang berkualitas. Dengan penuh bangga, kita menyambut kesuksesan Jokowi sebagai sosok yang mewujudkan nilai-nilai luhur UGM dalam tindakan nyata.

Hari ini, mari kita hormati perjalanan panjang Jokowi, dari kampus UGM hingga ke Ibu Kota, sebagai perwujudan cita-cita dan hasil dari kerja keras. Semoga prestasinya terus menginspirasi dan menerangi langkah-langkah masa depan bagi negeri ini.