Daerah  

Awali Tahun 2024, Pussip NTB dan Kantor Bahasa Sepakat Bersinergi

Pussip-Bahasa
Tim Pussip NTB saat berdiskusi dengan Tim Kantor Bahasa NTB
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pussip) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (2/1/2024), mengawali kegiatan tahun 2024 dengan menjalin sinergi bersama Kantor Bahasa Provinsi NTB.

Plt. Kepala Dinas Pussip NTB H. Amir, S.Pd., M.M., menjelaskan jika pemilihan Kantor Bahasa NTB sebagai mitra sinergitas didasari pada kesesuaian tugas dan fungsi, dengan tujuan meningkatkan kemampuan literasi masyarakat.

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bertanggungjawab atas pembinaan berbagai jenis perpustakaan, termasuk perpustakaan sekolah,” ungkapnya.

Disebutkan, sebagai langkah proaktif Pussip NTB telah meluncurkan berbagai program, dalam upaya peningkatan literasi dan minat baca masyarakat.

“Termasuk program satu pustakawan membina satu perpustakaan sekolah, desa/kelurahan. Satu arsiparis membina satu lembaga atau instansi,” katanya.

Sementara Kepala Kantor Bahasa NTB Dr. Puji Retno Hardiningtyas, S.S., M.Hum., menyatakan jika Kantor Bahasa NTB telah memberikan bantuan buku untuk tahun 2022 dan 2023.

“Pada 2022 dan 2023 melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Pusat, kami sudah memberikan bantuan buku, kepada sekitar 117 sekolah dasar di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram, dengan total sekitar 200.000 eksemplar,” sebutnya.

Untuk diketahui, kerjasama antara Pussip dan Kantor Bahasa NTB, akan mencakup kegiatan peningkatan kemampuan dan kapasitas pengelola perpustakaan sekolah melalui berbagai pelatihan, yang nantinya akan dimulai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama.

Dalam semangat mendukung literasi, Kantor Bahasa NTB juga menyatakan kesiapannya mendukung program Hibah Satu Juta Buku dari Pussip NTB. (des/w-007)