Daerah  

Tim Jumat Salam Pussip NTB Resonansi Positif di Paruga, Kota Bima

Pussip NTB-Paruga
Tim Jumar Salam Pussip NTB saat mengunjungi Kelurahan Paruga
banner 120x600

Wordly.id|Bima – Menindaklanjuti program Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat (Jumat Salam) Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pussip NTB), Sabtu (2/12/2023), menggelar program Jumat Salam di Kelurahan Paruga Kecamatan Rasana’E Barat Kota Bima.

Kepala Dinas Pussip NTB melalui Sekretaris Dinas (Sekdis) H. Amir, S.Pd., M.M., didampingi Kabid Kearsipan Statis Fahrizal, M.Pd., mengungkapkan jika Kelurahan Paruga menjadi salah satu kelurahan binaan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dari Perpustakaan Nasional.

“Artinya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB memiliki kewajiban, untuk memberikan dukungan baik motivasi dan pembinaan berkelanjutan,” kata Amir.

Melalui kesempatan Jumat Salam tersebut, Sekdis Pussip NTB juga menyampaikan jika program Jumat Salam sebagai salah satu media, dalam upaya menyerap aspirasi serta potensi dan permasalah di tingkat desa/kelurahan.

“Bapak Pj. Gubernur berharap agar potensi dan permasalan yang ada di masyarakat, bisa terserap yang nantinya akan dicarikan jalan keluarnya,” ungkap Amir.

“Informasi yang kami dapatkan hari ini, akan secepatnya kami sampaikan kepada pimpinan, yang selanjutnya akan dilaporkan kepada Bapak Pj. Gubernur,” lanjutnya.

Sementara Lurah Paruga Arifin didampingi Sekretaris Lurah Muhidin yang menerima tim Jumat Salam Pussip NTB, membeberkan beberapa permasalahan yang dihadapi.

“Beberapa permasalahan yang kami hadapi adalah adanya 20 rumah tidak layak huni, kesulitan air bersih dan kendala dalam penanganan sampah,” ujarnya.

“Karenanya kami sangat mengharapkan adanya dukungan dari Pemprov NTB dan Pemkot Bima, terkait permasalahan yang kami hadapi,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi NTB melaksanakan program Jumat Salam yang terpusat di Taman Amahami, Lawata, Kota Bima. Kegiatan diawali dengan senam pagi bersama dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove di sepanjang Pantai Lawata.

Kegiatan Jumat Salam di Kota Bima itu dihadiri Pj. Gubernur NTB Drs. HL. Gita Ariadi, M.Si. dan Pj. Walikota Bima H. Mohammad Rum, MT. (des/w-007)