Daerah  

BBPOM Mataram Lantik 33 Anggota Gerakan Pramuka SAKA POM

Kepala BBPOM di Mataram saat melantik anggota Gerakan Pramuka SAKA POM Kota Mataram
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Mataram, Senin (1/7/2024), melantik 33 anggota Gerakan Pramuka Satuan Karya Pengawasan Obat dan Makanan (SAKA POM) Kota Mataram, di Aula BBPOM Mataram.

Kepala BBPOM di Mataram Yosef Dwi Irwan selaku Ketua Pembina SAKA POM Kota Mataram, mengungkapkan jika SAKA POM dibentuk untuk memperkuat pengawasan obat dan makanan melalui tiga krida utama, yakni pemantauan, pengujian dan informasi. Yosef juga menekankan pentingnya peran Gerakan Pramuka dalam mendukung BPOM.

“BPOM tidak bisa bekerja sendiri, kami memerlukan kontribusi positif dari seluruh elemen bangsa. Gerakan Pramuka, dengan jangkauan dan strukturnya yang luas, sangat penting untuk dilibatkan dalam pengawasan obat dan makanan di masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Mataram Didi Sumardi, menyampaikan jika pelibatan SAKA POM akan semakin memperkaya kompetensi anggota Pramuka, sekaligus memberikan dampak positif bagi perlindungan masyarakat.

“Meskipun SAKA POM masih relatif baru, progresnya luar biasa. Kami berharap pelibatan mereka dalam pengawasan obat dan makanan terus ditingkatkan, mengingat pentingnya aspek ini, dalam mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.

Ketua Dewan SAKA POM Kwarcab Kota Mataram Made Budiartha, mengatakan jika setelah pelantikan tersebut, program kerja akan dirumuskan dalam bentuk kegiatan kemah. Program ini diharapkan menjadi panduan yang baik bagi SAKA POM, dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Dengan pelantikan ini, diharapkan anggota SAKA POM Kota Mataram dapat segera berkontribusi dalam pengawasan dan edukasi di masyarakat, serta menjadi garda terdepan dalam memastikan keamanan dan mutu obat dan makanan yang beredar,” ujarnya.

Prosesi pelantikan Gerakan Pramuka SAKA POM Kota Mataram itu, dimulai dengan pembacaan Ikrar Trisatya, yang menjadi janji suci para anggota Pramuka, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. (red)