Daerah  

Wakil Walikota Mataram Beberkan Dampak Positif Retribusi Sampah

Wakil Walikota Mataram (Foto: Dok. Pemkot Mataram)
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Kota Mataram terus beradaptasi dengan perubahan yang dinamis. Dalam menjalankan roda pemerintahan, Pemerintah Kota Mataram selalu terbuka terhadap inovasi yang berdampak positif. Hal itu disampaikan Wakil Walikota Mataram TGH. Mujiburrahman, Rabu (3/7/2024), dalam audiensi dan rapat awal rencana kegiatan pendampingan pelatihan tata cara penghitungan, tarif penanganan dan retribusi sampah di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram.

“Meski kita sudah memiliki Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, pendampingan ini sangat penting. Ini membantu kita menghitung tarif retribusi sampah yang tepat serta memberikan tata cara pemungutan, sehingga target retribusi bisa tercapai,” ungkapnya.

“Inovasi yang memberikan dampak positif harus kita implementasikan,” tandasnya.

Menurut Wakil Walikota, retribusi sampah memainkan peran penting, dalam mendukung operasional pengelolaan sampah dan meningkatkan kualitas pelayanan kebersihan. Menurutnya, dengan tarif yang tepat dan sistem pemungutan yang efisien, penanganan sampah di Kota Mataram bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

Selain itu, Wakil Walikota Mataram menegaskan jika retribusi sampah, juga menjadi sumber pendapatan daerah yang signifikan.

“Pendapatan ini bisa dialokasikan untuk berbagai program, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, kerjasama semua pihak sangat penting demi kemajuan Kota Mataram.

“Kami berharap tata cara pemungutan dapat didiskusikan dengan baik, sehingga pendampingan ke depan berjalan lancar,” tutupnya. (W-010)