Daerah  

Dinas Perdagangan NTB Warnai Jumat Salam di Lombok Utara

Perdagangan-UMKM
Kadis Perdagangan NTB menunjukkan produk UMKM Lombok Utara
banner 120x600

Wordly.id|Lombok Utara – Program Jumpai Masyarakat Selesaikan Persoalan Masyarakat atau populer disebut Jumat Salam, yang diinisiasi Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs. HL. Gita Ariadi, M.Si., mendapat apresiasi positif dari Dinas Perdagangan Provinsi NTB.

Sebagai bagian dari rangkaian Jumat Salam di Kabupaten Lombok Utara, Jumat (8/12/2023), Dinas Perdagangan NTB menghidupkan semangat ekonomi lokal dengan menggelar Bazar Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Pelabuhan Bangsal, Kecamatan Pemenang.

Kepala Dinas Perdagangan NTB Baiq Nelly Yuniarti. A.P., M.Si. didampingi tim Jumat Salam dinas yang dipimpinnya, mengungkapkan jika bazar UMKM tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari Jumat hingga Ahad.

“Dinas Perdagangan kerjasama dengan UNDP dan Baznas, menyelenggarakan Bazar UMKM yang akan berlangsung hingga hari Minggu,” ujarnya.

Lebih dari sekadar tempat berbelanja, lanjut Kadis Perdagangan NTB, bazar UMKM itu diharapkan memberikan hiburan dan manfaat bagi masyarakat setempat.

“Kami tidak hanya menyiapkan kesempatan untuk belanja murah, tetapi juga menghadirkan atraksi seni yang memukau,” tambahnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan panggung talkshow yang menghadirkan Ketua Dekranasda NTB Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi sebagai narasumber, membahas perkembangan UMKM dan kisah sukses pelaku usaha di Lombok Utara.

“Bahkan kami ada talkshow terkait perkembangan UMKM dan pelaku usaha di Lombok Utara, dengan begitu bazar ini menjadi tidak hanya ajang komersial, tetapi juga ruang inspiratif dan edukatif,” jelasnya.

Selain itu, Kadis Perdagangan NTB juga menyempatkan melihat secara langsung potensi mutiara yang dihasilkan Autore Pearl di Malaka.

“Pelaku usaha Autore Pearl ini rutin ekspor mutiara ke Australia dan China,” ucapnya.

Tak sampai di sana, Kadis Perdagangan NTB yang selalu tampil simpel dan energik itu menyampaikan, sebagai upaya menjaga kestabilan harga bahan pokok (bapok), tim Jumat Salam Dinas Perdagangan NTB juga melaksanakan pasar murah di Desa Sesait Kecamatan Kayangan.

“Pasar murah di Desa Sesait dimaksudkan guna menjaga indeks perkembangan harga bapok di Kabupaten Lombok Utara,” kata Nelly.

“Nanti bersama Ketua Tim Penggerak PKK NTB, juga akan berkunjung untuk melihat potensi perkebunan anggur di Desa Kayangan dan Perkebunan Kurma di Desa Sambik Bangkol,” tandasnya.

Tampak hadir pada Jumat Salam di Lombok Utara, Pj. Gubernur NTB bersama istri, Bupati Lombok Utara bersama istri, Kapolres Lotara, para Kepala OPD lingkup Pemprov NTB bersama tim, para kepala OPD Lombok Utara dan para pelaku UMKM. (djr/w-001)