Daerah  

Tim Jumat Salam Pussip NTB Dorong Desa Sama Guna Manfaatkan Potensi Lokal

banner 120x600

Wordly.id|Lombok Utara – Program acara Jumpai Masyarakat Selesaikan Persoalan Masyarakat (Jumat Salam) di Kabupaten Lombok Utara, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Nusa Tenggara Barat, mengunjungi Desa Sama Guna yang terkenal dengan potensi wisatanya, Lombok Utara.

Desa Sama Guna menjadi salah satu desa maju yang ada di Lombok Utara, Desa Sama Guna terkenal dengan keindahannya yang di kelilingi oleh Pegunungan dengan sumber mata air yang berlimpah.

Desa Sama Guna juga memanfaatkan lahan-lahan di Pegunungan tersebut untuk berkebun dan bertani, hanya saja desa tersebut terkendala dengan infrastruktur yang masih terbilang kurang.

Mahdi selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB sangat bangga melihat cara masyarakat dalam memanfaatkan serta mengelola apa yang menjadi potensi pada desa tersebut.

“Sangat sayang sekali, jika kekayaan alam yang kita miliki tidak dikembangkan, terkait infrastrukturnya, nanti bisa dikoordinasikan kepada pemerintah setempat untuk membangun akses jalan agar lebih mempermudah masyarakat”, kata Mahdi.

Sekdes juga mengatakan bahwa Desa Sama Guna saat ini sudah masuk ke dalam peringkat 4 besar desa dengan potensi wisata dan sekarang Kepala Desa sedang ada di Jember untuk mewakili Desa Sama Guna.

Akan tetapi, dibalik potensi wisata yang dimiliki oleh Desa tersebut, ternyata angka stuntingnya juga cukup tinggi. Dimana, Desa Sama guna saat ini telah mencapai angka 84 yang terkena stunting.

“Dari Aparatur Desa sudah berupaya penuh untuk melakukan pencegahan terhadap angka stunting yang terbilang cukup tinggi, akan tetapi sampai sekarang belum ada perubahan yang signifikan”, kata Sekdes Sama Guna.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan NTB mengatakan jika stunting yang tinggi biasanya disebabkan oleh pola asuh yang berantakan dan kurangnya pemahaman bagi kedua orang tua terkait pola asuh yang benar.

“Kemarin kami menangani desa Gangga dengan angka stunting yang cukup tinggi, akan tetapi bisa turun 100% karena semua orang tua di desa tersebut mengubah pola asuh mereka sesuai dengan arahan kami. Pola asuh yang benar itu harus dari kedua orang tuanya, dengan memberikan makanan yang bergizi kepada anak-anaknya dan memenuhi kebutuhan protein hewani, karbohidrat dan serat,” ungkap Mahdi.

Kegiatan jumat salam tersebut juga dihadiri oleh Kabid Deposit, kabid kearsipan, kabid pelayanan, dan kabid pembinaan serta seluruh aparatur desa.

“Kami berharap dengan mengikuti arahan dari pak Kadis, angka stunting di Desa Sama Guna bisa teratasi dengan baik, kami sangat berterimakasih kepada Pejabat Gubernur yang sudah mengadakan program Jumat Salam ini, yang sedikit tidaknya membantu warga masyarakat untuk menampung keluh kesahnya agar bisa sama-sama membangun desa ini menjadi desa yang lebih maju dan mandiri,” ungkap Sekdes Sama Guna.

Penyerahan Hibah Buku Oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kepada Sekretaris Desa Sama Guna

Sebelum rangkaian acara ditutup, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan NTB beserta seluruh jajarannya menghibahkan buku agar bisa bermanfaat bagi masyarakat, karena minatb membaca buku harus tetap ditanamkan kepada seluruh masyarakat sebab ilmu pengetahuan itu sangat penting. (des/w-007)