Daerah  

HLC dan DCAB-ID Sambut HUT Kemerdekaan di Sembalun

Team Touring HLC dan DCAB-ID NTB foto bersama komunitas pecinta otomotif jajaran Polda NTB setibanya di Sembalun
banner 120x600

Wordly.id | NTB – Hardtop Lombok Community (HLC) dan Double Cabin Indonesia (DCAB-ID) Chapter Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (11/8/2022), menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 dataran tinggi Sembalun, Lombok Timur, NTB. Kegiatan menyambut sekaligus memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 itu, disambut baik penggemar hardtop dan couble cabin Polda NTB dan Polres jajaran.

Wakil Ketua DCAB-ID Chapter NTB Aditya, Kamis (11/8/2022) sore, ditemui setibanya di Sembalun mengungkapkan bahwa kegiatan dimulai dengan touring bersama dari Kota Mataram menuju Lombok Tengah, selanjutnya finish di Sembalun.

“Kita start di Lapangan Bara Dhaksa Mapolda NTB kemudian bergeser ke Polres Lombok Tengah, karena Bapak Kapolda akan menghadiri taklimat akhir audit kinerja Itwasda,” ungkapnya.

Dikatakan, sembari menunggu Kapolda NTB menyelesaikan tugas kedinasan di Polres Lombok Tengah, tim diberikan briefing oleh terkait rangkaian kegiatan lanjutan termasuk kegiatan puncak di Sembalun.

Briefing dikomandoi Kasat Resnarkoba Polresta Mataram Kompol Made Yogi Purusa Utama selaku Ketua Team Touring, dimana dijelaskan bahwa puncak acara pengibaran bendera merah putih akan dilakukan di Bukit Selong, Sembalun dilanjutkan dengan bakti sosial,” tuturnya.

Sementara terkait rute perjalanan, Wakil Ketua DCAB-ID Chapter NTB mengatakan bahwa rute menuju sembalun telah ditetapkan melalui jalur Pusuk Lombok Timur, dengan pengawalan personel dari Satuan Lalu Lintas (Lantas) untuk membuka jalan dan mengurai kemacetan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada jajaran Satlantas yang telah membantu kami, sehingga perjalanan tim sampai di Sembalun sesuai rencana. Untuk malam ini kami akan bermalam di Rudi’s Villa,” ujarnya.

Sementara Kasat Resnarkoba Polresta Mataram Kompol. I Made Yogi Purusa Utama, S.I.K., M.H., selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa kegiatan menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI rutin digelar Polda NTB dan Polres jajaran setiap tahun.

“Kalau tahun 2021 lalu diadakan di Kuta Mandalika, Lombok Tengah. Untuk tahun ini kita bersama Hardtop Community dan Double Cabin menggelarnya di Sembalun, Lombok Timur,” tutur Yogi.

Senada dengan Ketua DCAB-ID NTB, Kompol Yogi juga menyampaikan bahwa atribut untuk acara puncak telah disiapkan termasuk kegiatan pada malam harinya.

“Pada Kamis malam atau malam ini akan diadakan acara bersama Bapak Kapolda dan acara api unggun. Acara puncaknya yaitu pengibaran bendera merah putih, akan dilaksanakan besok, Jumat pagi di Bukit Selong di pimpin Bapak Kapolda,” jelasnya.

Untuk diketahui, Bukit Selong adalah salah satu bukit dari beberapa gugusan perbukitan dataran tinggi Sembahulun yang saat ini dikenal dengan nama Sembalun, dimana di dataran tinggi itu menjulang tinggi sebuah gunung yang dikenal dengan nama Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani merupakan evolusi dari Gunung Purba Samalas di zaman tatanan kehidupan Kerajaan Pamatan, dimana menurut tutur dan hasil penelitian para ahli bahwa di zaman dahulu kala ketika Gunung Samalas erupsi, abu erupsinya menutupi angkasa sebagian wilayah bumi termasuk Benua Eropa selama bertahun-tahun.

Dari para pendahulu Suku Sasak dituturkan, Suku Sasak Lombok di zaman Pamatan telah memiliki peradaban yang tidak kaleng-kaleng. Bahkan masyarakat Sasak Pamatan telah memiliki kepercayaan meng-Esa-kan Tuhan sebagai Sang Pencipta alam Semesta, sehingga terkenal istilah “Ne-Neq kaji (Ini Tuhan-ku)”. (Ang/w-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *