Daerah  

Lombok Barat Optimis Raih KLA 2023

Asisten I Setda dan Sekretaris Tim Gugus Tugas KLA Lombok Barat
banner 120x600

Wordly.id|Lombok Barat – Gumi Patut Patuh Patju (Tripat) Kabupaten Lombok Barat, optimis dapat meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2023. Hal itu terungkap dalam rapat persiapan penilaian lapangan KLA, Selasa (13/6/2023), di Ruang Rapat Jayengrane Kantor Bupati Lombok Barat.

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Lombok Barat Agus Gunawan mengungkapkan, terwujudnya KLA merupakan komitmen kuat Pemerintah Daerah Lombok Barat. Karena itu, kolaborasi semua elemen Lombok Barat sangat diperlukan, dalam menghadapi tim penilai pusat.

“Ini adalah bentuk keseriusan dan pelayanan kepada masyarakat Lombok Barat,” tegasnya.

Disebutkan, Meskipun masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki, namun Lombok Barat telah melakukan semua persyaratan dalam lima klaster penilaian, sehingga nantinya dapat tercapai predikat KLA Nindya.

“Kami telah siap menghadapi penilaian ini dan berharap untuk meraih hasil maksimal,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Agus juga menyampaikan apresiasi dari Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat, kepada seluruh Tim Gugus Tugas KLA yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada semua Tim Gugus Tugas atas kerjasama dan kolaborasi yang telah terjalin,” katanya menirukan ucapan Bupati dan Wakil Bupati.

Sementara Sekretaris Tim Gugus Tugas KLA Lombok Barat H. Mustilkar, S.H. menyampaikan, jika Lombok Barat telah menghadapi penilaian administrasi KLA sebanyak tiga kali sejak tahun 2019. Tahun 2023 ini merupakan kali pertama Kabupaten Lombok Barat menghadapi penilaian lapangan.

“Penilaian lapangan tahun ini adalah yang pertama bagi kita, sementara itu kita telah dinilai administrasi sebanyak tiga kali sejak tahun 2019,” sebutnya.

Senada dengan Asisten I, Mustilkar juga menyampaikan optimis menghadapi penilaian lapangan, Kamis (15/6/2023) mendatang.

“Kita sudah siap dan penuh optimisme menghadapi penilaian lapangan ini,” ujarnya.

Kepala SMPN 1 Lembar Darsiah, S.Pd., dimana sekolah yang dipimpinnya menjadi salah satu obyek penilaian, menyampaikan kesiapannya mengingat SMPN 1 Lembar terakhir meraih Juara I Lomba Adiwiyata dan Juara 1 Ijo Nol Dedoro.

“Kami menjadi salah satu Sekolah Ramah Anak terbaik di Lombok Barat dan optimis dalam penilaian ini,” ucapnya.

Untuk diketahui, lima klaster yang akan dilakukan penilaian KLA 2023 di Kabupaten Lombok Barat, meliputi Klaster 1 PISA/Sekretariat Forum Anak, Klaster 2 PUSPAGA/PPKS Kecamatan Gerung, Klaster 3 Puskesmas Ramah Anak/BLUD Puskesmas Labuapi, Klaster 4 Sekolah Ramah Anak/SMPN 1 Lembar dan Klaster 5 UPT PPA, Rumah Aman serta KPAD Desa Kediri. (des/w-007)