Daerah  

Terpilih Aklamasi, Fathul Sebut Khidmat di NU Serupa Sahabat Rasulullah

Ketua MWC NU Batulayar terpilih (kiri) saat Konferensi MWC NU Batulayar
banner 120x600

Wordly.id | NTB – Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Batulayar, Lombok Barat, Fathul Karim yang terpilih secara aklamasi mempin MWC NU Batulayar, Senin (15/8/2022), menyebut bahwa berkhidmat di NU sama dengan khidmatnya sahabat Rasulullah SAW.

“Di Nahdlatul Ulama kita berkhidmat kepada para ulama, sebagaimana berkhidmatnya para sahabat kepada Rasulullah,” ungkapnya.

Sapaan akrab Fathul yang alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram itu, mencontohkan cara berkhidmatnya para sahabat Rasulullah Muhammad SAW, yang tidak pernah mengatakan tidak bila diperintahkan maju ke medan perang (jihad).

“Begitu juga kita seharusnya di NU,” ucap Fathul.

Ketua Pengurus Cabang (PC) NU Lombok Barat Dr. H. Nazar Na’amy, M.Si. dalam sambutannya mengingatkan tantangan menjadi pengurus dan warga NU, di tengah tumbuhnya berbagai paham dan ajaran saat ini.

“NU itu ideologi dan manhajnya jelas, makanya NU itu seperti kereta api, ada sopir, relnya, masinis (pengemudi, red) dan rambu- rambunya. Pun jadwal berangkat, berhenti dan sampainya juga sudah jelas,” katanya.

“Jadi, kalau kita jalan di rel NU secara benar, insya Allah kita akan selamat bersama para ulama,” tandas Dr. Nazar.

Dikatakan, walaupun dalam setiap kemelut NU selalu berada di tengah (netral), bukan berarti tidak ada yang tidak suka dengan NU. Menurut alumnus Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah (P2S2) Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur itu, banyak organisasi kemasyarakat Islam yang bukan hanya berbeda dengan NU, namun juga tidak suka dengan NU.

“Walau sesama ormas Islam, amaliyah bisa sama, tapi fikrah beda. NU dengan FPI (Front Pembela Islam, red) itu amaliyahnya sama, tapi fikrahnya beda. NU dan Muhammadiyah bisa jadi fikrah dan tujuannya sama, tapi amaliyah beda,” jelasnya.

Tampak hadir dalam Konferensi MWC NU Batulayar, Katib PCNU Lombok Barat Dr. H. Ahyar Fadli, M. Si., Wakil Ketua PCNU Lombok Barat Hamroni, S.H. dan Wakil Sekretaris PCNU Lombok Barat Junaidi. (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *