Daerah  

Ribuan Civitas Akademika Unram Tumpah Peringati HUT RI Ke-77

Paskibra Unram saat akan mengibarkan Bendera Merah Putih
banner 120x600

Wordly.id | NTB – Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun 2022, diperingati di seluruh pelosok Nusantara tak terkecuali di perguruan tinggi ternama NTB, Universitas Mataram (Unram). Di Unram, tak kurang dari 9000 civitas akademika hadir dalam Upacara Bendera peringatan detik-detik kemerdekaan, Rabu (17/8/2022), di Lapangan Rektorat Unram.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agt.St., Ph.D. mengenakan busana adat Nusantara, tutup kepala hitam berornamen keemasan dengan paduan piyama adat warna hitam. kain songket kuning keemasan melilit untuk bawahan dengan belitan selendang yang juga keemasan di bagian pinggang.

Pengibaran bendera Merah-Putih dilakukan Pasukan Kibar Bendera (Paskibra) dari mahasiswa terpilih. Seperti laiknya di Istana Negara, Paskibra Unram pun mengenakan pakain khas warna putih dipadukan lilitan setangan leher warna merah, dengan tegap dan sigap mengibarkan Sang Merah Putih, diiringi instrumen dan lagu kebangsaan Indonesia Raya dari Grup Paduan Suara dan Marching Band Unram.

Dengan suara bergetar, Rektor Unram dari podium kehormatan membacakan teks Proklamasi dalam khidmat dan keheningan suasana.

“Kami Bangsa Indonesia, dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya…,” terdengar suara Prof. Bambang membahana di seantero lapangan.

Saat amanat Inspektur Upacara, Rektor Unram membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Menristek) dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Kita telah memberikan contoh kepada dunia, bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru, untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan platform Merdeka Mengajar,” katanya.

“Selaras dengan tujuan pemerintah dalam menggaungkan kurikulum MBKM, Unram menjadi salah satu kampus yang sangat mendukung adanya program MBKM dan Merdeka Mengajar,” sebutnya.

Sebagaii bentuk dukungan terhadap kurikulum MBKM dan Merdeka Mengajar, usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rektor Unram secara simbolis memberikan selempang selamat datang, kepada perwakilan pertukaran mahasiswa dan perwakilan Kampus Mengajar.

Untuk diketahui, Unram menerima 191 mahasiswa dari berbagai kampus di Nusantara untuk belajar bersama. Seluruh rangkaian acara memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77, ditutup dengan pawai keliling kampus Unram. (Djr/w-001)

Peringatan HUT RI ke-77 di Lapangan Rektorat Unram dilihat dari udara (Foto: Dok. Humas Unram for wordly.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *