Daerah  

Peringati HUT Perdana, AKAD Lombok Barat Launching Desa Digital

Jajaran forkopimda menyaksikan Ketua AKAD Lombok Barat di layar video tron saat launching desa digital dalam rangka HUT Perdana AKAD Lombok Barat
banner 120x600

Wordly.id|NTB – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun Asosiasi Kepala Desa (HUT AKAD) perdana, Selasa (18/10/2022), dilaksanakan di Gedung Seni dan Budaya Narmada Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Di HUT AKAD pertama tersebut, ditandai dengan launching aplikasi “Desa Digital” yang dilengkapi dengan “e-commerce”.

Ditemui usai acara HUT perdana, Ketua AKAD Lombok Barat Sahril mengungkapkan bahwa e-commerce yang dilaunching, menjadi bagian yang padu dengan aplikasi Desa Digital.

“Artinya, selain sebagai aplikasi untuk memudahkan kinerja aparatur desa, aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk bertransaksi digital dengan memanfaatkan e-commerce,” ungkapnya.

Dikatakan, aplikasi Desa Digital yang diinisiasi dan dilaunching AKAD Lombok Barat tersebut, merupakan satu-satunya aplikasi yang resmi di seluruh Indonesia.

“Ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Selain memudahkan kinerja aparatur pemerintahan desa, dengan aplikasi ini juga sekaligus memiliki fungsi kontrol sehingga terwujud transparansi di desa.

“Jadi, masyarakat bisa melakukan kontrol terhadap semua program dan kinerja pemerintah desanya, dengan memanfaatkan kotak atau kolom kritik dan saran, yang memang sudah disiapkan dalam aplikasi desa digital,” ujarnya.

Menurut Ketua AKAD Lombok Barat yang juga Kepala Desa Jeringo Kecamatan Narmada itu, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk sebagai bentuk keseriusan dalam pengelolaan starup, e-commerce AKAD Lombok Barat juga telah dilengkapi dengan perizinan sesuai peraturan perundang-undangan yan berlaku.

“Benar, e-commerce desa digital yang kami bangun ini sudah dilengkapi dengan akta notaris dan perizinan lainnya,” ucap Sahril.

Peringatan HUT AKAD Lombok Barat yang keperdana itu juga diisi dengan penundian kupon door prize, yang difasilitasi salah satu travel haji & umrah yang akan menjadi salah satu mitra e-commerce.

Tampak hadir dalam HUT perdana AKAD Lombok Barat, Inspektur Kantor Inspektorat Provinsi NTB, Ketua DPRD Lombok Barat, Sekda mewakili Bupati Lombok Barat bersama jajaran Forkopimda Lombok Barat, Direktur Utama PDAM Giri Menang serta kepala desa se-Lombok Barat. (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *