Daerah  

Pramuka Kwarcab Mataram Kenali Olahraga Airsoft

Para instruktur dari BWAS dan Sat Brimob Polda NTB saat memperkenalkan olahraga airsoft kepada anggota Pramuka Kwarcab Mataram (Foto: Anang/Wordly.id)
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Mataram mendapat pengenalan olahraga airsoft, dari Black Wolf Airsoft Squad (BWAS) Nusa Tenggara Barat (NTB) binaan Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda NTB.

Pengenalan terhadap olahraga airsoft kepada anggota Pramuka Kwarcab Kota Mataram, di Markas Komando (Mako) Sat Brimob Polda NTB tersebut dilaksanakan, Senin (19/12/2022), sebagai rangkaian Raimuna Cabang VIII Pramuka Kwarcab Kota Mataram.

Pembina BWAS NTB AKP. Supriyono, S.Adm. mengungkapkan, pengenalan olahraga airsoft itu bertujuan memberikan edukasi dan pengalaman, karena dalam olahraga airsoft dibutuhkan team work (kerja tim) dan teknik serta taktik bermain.

“Olahraga airsoft ini memiliki banyak hal positif bagi pemainnya lebih-lebih bagi anggota Pramuka. Dimana dalam permainan atau olahraga airsoftgun, pemain harus mengasah otak dan menggunakan taktik untuk mengalahkan lawan.

Selain dituntut kemaiharan mengoperasikan senjata, instruktur dari Sat Brimob Polda NTB itu menyampaikan di hadapan anggota Pramuka Kwarcab Kota Mataram, olahraga airsoft juga harus memiliki ketahanan atau daya tahan tubuh, sehingga mengharuskan pemain bersikap jujur.

“Jadi olahraga airsoftgun sangat baik dan memberikan dampak positif bagi pemainnya, lebih-lebih bagi generasi milenial yang merupakan calon generasi atau pemimpin masa depan,” tandasnya.

Senada, Ketua BWAS NTB Adam Wirawan mengatakan bahwa olahraga airsoft berbeda dengan olahraga lain. Dimana dalam olahraga airsoft selain membutuhkan keterampilan mengatur strategi dan membidik sasaran, juga dibuuhkan sikap jujur dan sportifitas tinggi.

“Itu merupakan suatu keharusan dalam olahraga perang-perangan atau skirmish airsoftgun. Kalau main paintball tidak bisa bohong karena ada bekas tembakan, tapi kalau airsoftgun kan tidak. Jadi kalau sudah tertembak pemain harus mengaku. Kejujuran diperlukan dalam olahraga airsoftgun selain ketahanan fisik,” tegasnya.

Untuk diketahui, airsoftgun merupakan mainan replika senjata api (senpi) berbentuk senapan laras panjang maupun senjata genggam (pistol), dimana airsoftgun memiliki rasio 1:1 (satu berbanding satu) baik dari segi dimensi atau ukuran dan berat dengan senpi asli. Walau perbandingannya sangat tipis, airsoftgun memiliki kualitas material dan mekanisme penembakan yang jauh berbeda dengan senjata api. (Ang/w-005)

 

Anggota Pramuka Kwarcab Kota Mataram foto bersama usai pengenalan olahraga airsoft di Mako Sat Brimob Polda NTB (Foto: Anang/Wordly.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *