Daerah  

Halal Bihalal SMSI Diapresiasi Bupati Lombok Barat

Bupati Lombok Barat (berdiri) saat sambutan di acara Halal Bihalal SMSI Cabang Lombok Barat
banner 120x600

Wordly.id|Lombok Barat – Mengusung tema “Merajut Kebersamaan dalam Perbedaan”, acara Halal Bihalal yang digelar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Sabtu (20/5/2023), mendapat apresiasi berbagai pihak termasuk Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, yang bangga karena Halal Bihalal SMSI digelar memasuki tahun politik.

“Di tahun politik ini cara berpikir kita berubah, yakni bagaimana caranya lawan harus dikalahkan dengan cara yang sportif, yakni melalui pemilu (pemilihan umum, red) sesuai peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

“Kita harus bangga bahwa SMSI khususnya SMSI Cabang Lombok Barat, benar-benar paham dan taat pada Kode Etik Jurnalistik,” tandas Fauzan.

Dalam kesempatan Halal Bihalal yang digelar Pengurus Cabang SMSI Lombok Barat di Resto Kehati, Gerung itu, Bupati Lombok Barat juga menyampaikan berbagai hal tentang pemilu.

“Lawan dan musuh memiliki arti yang berbeda, dimana musuh saling bunuh, tapi kalau lawan kita saling dulu-duluan di depan, saling duluan menuju ke atas dalam politik,” ujarnya.

“Di tahun politik ini kits harus berfikir untuk menjadi lawan bukannya musuh,” ucapnya.

Selain itu, Bupati Lombok Barat dua periode itu juga menyinggung peran media dalam kontestasi politik. Dimana menurutnya, media memiliki peran strategis sebagai prekat.

“Media harus menyampaikan informasi yang benar, tangkal berita-berita berita hoaks dan menciptakan stabilitas saat kontestasi politik mendatang,” pesannya.

Bupati Fauzan juga sedikit bercerita pengalaman dirinya, yang pernah menjadi korban pemberitaan media massa.

“Saya baru-baru ini juga jadi korban pemberitaan media, karena tidak tahu mana omongan (statemen, red) yang harusnya dimuat dan tidak. Namun saya yakin, media yang tergabung dalam SMSI akan bekerja dan menjalankan tufoksinya, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik dan sebagaimana ketentuan Undang-Undang Pers,” curhatnya.

Sementara Ketua SMSI Provinsi NTB HM. Abdus Syukur mengungkapkan, media memiliki peran penting dalam merekatkan perbedaan khususnya di dunia politik.

“Kami berharap para kontestan bisa diajak bekerjasama dalam publikasi, sehingga program serta ide atau gagasan para kontestan bisa menyentuh konstituen,” katanya.

Tak hanya itu, Ketua SMSI NTB juga menjelaskan jika media pun berperan dalam menyajikan informasi yang positif, terkait program pemerintah daerah (pemda) khususnya Pemda Lombok Barat.

“Tentunya melalui kerjasama yang simbiosis mutualisme, kerjasama yang saling menguntungkan,” tuturnya.

Tampak hadir dalam acara Halal Bihalal tersebut, anggota DPD RI H. Sukisman Azmi, perwakilan Polres Lombok Bsrat, Inspektorat NTB, calon DPD RI Tauhid Rifa’i bersama para kandidat calon legislatif lainnya, tokoh agama serta para pengurus SMSI cabang se-NTB.

Sementara tausiyah Halal Bihalal disampaikan TGH. Subki As-Sasaki, pimpinan Pondok Pesantren Al-Madani Lombok Barat. (ang/w-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *