Daerah  

Jajaran Lapas Kelas IIA Mataram Diingatkan Jaga Integritas

Ses Itjen Kemenkumham RI mendapat informasi dari Kalapas Kelas IIA Mataram saat mengelilingi lapas
banner 120x600

Wordly.id|NTB – Jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Mataram diminta tetap menjaga integritas, baik sikap dan etika dalam melaksanakan tugas. Hal itu diingatkan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Ses Itjen Kemenkumham RI), Kamis (20/10/2022), saat lawatan perdananya di Lapas Kelas IIA Mataram.

“Seluruh jajaran harus terus menjaga integritas dalam bertugas, dimanapun kita bertugas,” tegas Ses Itjen Kemenkumham R. Natanegara Kartika Purnama, S.E., M.Si.

Dalam kesempatan itu, Natanegara juga meminta segenap jajaran lingkup Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham NTB, khususnya pimpinan dan jajaran Lapas Kelas IIA Mataram, untuk menjaga Lapas sesuai fungsinya sebagai rumah pengayoman.

“Yang paling penting saudara semua, ketika bertugas di rumah pengayoman (lapas, red) ini dijaga dengan sebaik-baiknya. Ini adalah rumah kita yang harus dijaga dengan baik,” katanya.

Selain itu, mengingat Indonesia sebentar lagi akan memasuki tahun politik (pemilihan umum/pemilu), Ses Itjen Kemenkumham juga mengingatkan agar sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), seluruh jajaran lingkup Kanwil Kemenkumham NTB untuk menjaga netralitas dan tidak terjun ke duani politik.

“Jangan pernah memperlihatkan kecondongan politik terlebih di media sosial saudara, resikonya besar. Yang paling penting, tugas kalian adalah bekerja dengan baik sesuai porsi sebagai ASN,” tandasnya.

Untuk diketahui bahwa dalam kunjungannya di Lapas Kelas IIA Mataram tersebut, Ses Itjen Kemenkumham juga menyempatkan diri melihat-lihat sejumlah sarana dan prasarana lapas.

Dihubungi terpisah, Kepala Lapas Kelas IIA Mataram Ketut Akbar Herry Achjar, A.Md.I.P., S.H., M.H. mengatakan, integritas merupakan salah satu bentuk kualitas terpenting yang harus dimiliki, khususnya jajaran lingkup Lapas Kelas IIA Mataram dalam menjalankan tugas.

“Pada dasarnya integritas memang perlu dimiliki oleh setiap orang sebagai bentuk tanggung jawab, baik untuk tugas maupun dalam aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Menurut Akbar, integritas merupakan suatu konsep yang berkaitan dengan perilaku, nilai, metode, sarana, prinsip, harapan dan keterpaduan yang akan menjadi karakter dalam menjalankan tugas.

“Orang yang memiliki integritas, berarti memiliki kepribadian yang jujur dan kepribadian yang kuat,” ucapnya.

Pihaknya juga merasa tersanjung dan menyampaikan apresiasi, menjadi salah satu objek kunjungan dari Ses Itjen Kemenkumham RI.

“Luar biasa, kami sangat senang dan berterimakasih kepada Ses Itjen, yang telah berkenan menjenguk dan memantau secara langsung kondisi Lapas Kelas IIA Mataram. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Kakanwil Kemenkumham NTB, yang sudah mengagendakan Lapas Kelas IIA Mataram sebagai salah satu lokasi kunjungan,” tutup Akbar.

Turut serta mendampingi Ses Itjen Kemenkumham, Kepala Kanwil Kemenkumham NTB bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum. (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *