Daerah  

UKM Binaan PLN UIW NTB Raih Omset Puluhan Juta Per Bulan

Oktina, salah satu penerima manfaat kemitraan PLN UIW NTB saat menunjukkan mutiara hasil kerajinan perusahaan miliknya
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Menyuarakan komitmen dalam mendukung ekonomi lokal, serta memberikan dampak positif bagi pelaku usaha di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB berupaya maksimal dalam mendukung Usaha Kecil Menengah atau UKM.

General Manager PLN UIW NTB Sudjarwo, Senin (21/8/2023), mengungkapkan bahwa dalam turut serta berkontribusi mendukung program pemerintah di bidang perekonomian, PLN UIW NTB mengalokasikan pemanfaatan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“PLN secara aktif mendorong perkembangan UKM melalui serangkaian langkah strategis, yang dirancang untuk memperkuat daya saing dan kualitas UKM lokal,” ujarnya.

Sudjarwo menegaskan, PLN terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dimana dukungan tidak hanya berupa penyediaan listrik.

“Juga penyediaan sarana dan prasarana agar UKM dapat naik kelas melalui program TJSL,” sebutnya.

Dijelaskan jika PLN khususnya UIW NTB, memberikan pelatihan kepada para pelaku UKM yang belum memanfaatkan penuh potensi digital marketing, pembuatan kemasan produk yang menarik dan penguatan citra merek melalui Rumah BUMN (RB).

“Sebagai salah satu BUMN, PLN tidak hanya berfokus pada profit semata, tetapi juga pada nilai-nilai sosial. Dukungan kami terhadap UKM merupakan bagian dari komitmen PLN, untuk mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s),” ungkapnya.

“Termasuk penciptaan lapangan kerja layak dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, guna memberdayakan komunitas lokal,” imbuh Sudjarwo.

Sementara salah satu sosok di balik UKM lokal binaan PLN UIW NTB sebagai penerima manfaat, yakni pendiri dan pemilik Oktina Mutiara Jewellery, Oktina Utama Suari, mengungkapkan jika melalui RB Lombok Barat omset penjualannya mengalami peningkatan.

“Kami menerima banyak kunjungan dari luar daerah ke galeri kami. Alhamdulillah, omset bulanan mencapai 40-45 juta,” katanya.

“Kami berterimakasih kepada PLN, atas bimbingan dan dukungannya melalui Rumah BUMN,” tambah Oktina.

Ia juga mencatat kalau saat ini Oktina Mutiara Jewellery, berhasil menjangkau seluruh Indonesia secara online dengan dukungan dari 70 reseller yang tersebar di berbagai daerah.

Untuk dikerahui, Oktina Mutiara Jewellery fokus pada kerajinan perhiasan mutiara di Lombok Barat. Menurut Oktina, RB Lombok Barat telah memberikan banyak manfaat bagi perusahaan yang dirintisnya.

“Sebelumnya, pengemasan produk, branding dan aspek lainnya belum begitu solid, penjualan masih berjalan stabil, tapi setelah bergabung dengan Rumah BUMN Lombok Barat, saya menjalani beragam pelatihan yang berharga untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan saya,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, keterlibatannya dengan RB Lombok Barat kian memotivasinya untuk mengembangkan bisnis tersebut.

“Kami mendapatkan pelatihan tentang branding dan pemasaran digital, yang langsung dapat kami terapkan untuk meningkatkan citra dari produk Oktina Mutiara Jewellery,” tutupnya. (des.w-007)