Daerah  

Imigrasi Mataram Fasilitasi Penguatan Pintu Masuk Bandara

Foto bersama usai asesmen penguatan sceering pintu masul bandara sesi pertama di Kantor Imigrasi Mataram
banner 120x600

Wordly.id | NTB – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Selasa (23/8/2022), memfasilitasi pelaksanaan asesmen penguatan screening pintu masuk Bandara Internasional Lombok (BIL). Asesmen tersebut digagas Internasional Organisasi for Migration (IOM) bersama Direktorat Jenderal Imigrasi pada Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (RI).

Plt. Kepala Seksi Teknologi dan Informasi Keimigrasian (Kasi TIK) Imigrasi Mataram I Made Surya Artha, mengatakan bahwa asesmen itu bertujuan untuk memperkuat screening (pendeteksian) di pintu masuk BIL, sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit menular.

“Asesmen ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan petugas imigrasi bersama stakeholder terkait, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya, melalui penguatan screening pintu masuk BIZAM,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan perwakilan Direktorat Kerjasama Keimigrasian Oki Derajat Rizky Mubarok.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat petugas garda terdepan penanganan Covid-19 maupun penyakit menular lainnya, sehingga antisipasi terhadap penyakit menular ini dapat dicegah atau diminimalisir seminim mungkin,” ujarnya.

Sementara dari National Partnership and Liaison Officer IOM Indonesia, Marini Fitria menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan bantuan, guna pencegahan penyakit menular di Lombok.

“Kami ingin bisa membantu TPI di Mataram dalam memberikan dukungan yang bermanfaat, dalam pencegahan penyakit menular yang masuk ke Lombok,” ucapnya.

Marini menuturkan, kegiatan asesmen dalam penguatan pintu masuk bandara bukan kali ini saja dilakukan, namun asesmen serupa telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kami sudah melakukan kegiatan ini di fase pertama tahun 2020 lalu, ini adalah fase kedua dan Lombok adalah salah satu pintu masuk yang pertama kita adakan selain di Makassar dan Tanjung Uban,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut terbagi menjadi dua sesi asesmen. Sesi pertama berlangsung di Aula Kantor Imigrasi Mataram dan sesi kedua di BIL. Pada asesmen sesi pertama dilaksanakan dengan metode wawancara, dimana hadir pada sesi pertama perwakilan Bea Cukai Mataram, Balai Karantina Kesehatan, BP2MI dan perwakilan PT. Angkasa Pura I.

Hadir pula mengikuti asesmen penguatan screening pintu masuk bandara sesi pertama, perwakilan Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Kodim 1620 dan perwakilan Polres Lombok Tengah. (Ang/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *