Daerah  

Tim Jumat Salam Pussip NTB Apresiasi Taman Baca Kalingga Desa Sengkerang

Pussip-Sengkerang
Kadis Pussip NTB (berpeci) bersama rombongan Jumat Salam saat diterima Kades Sengkerang
banner 120x600

Wordly.id|Lombok Tengah – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pussip) Provinsi NTB, terus bergerak mendengarkan keluhan masyarakat dan menginventarisasi persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat. Dalam program Jumat Salam ke-11 di Desa Sengkerang Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, Jumat (26/1/2024), Pussip NTB mengapresiasi keberadaan Taman Baca Kalingga Dusun Balen Gagak di desa itu.

Plt. Kepala Dinas Pussip NTB H. Amir, S.Pd., M.M., menegaskan komitmen Pussip NTB untuk terus meningkatkan literasi masyarakat, termasuk Desa Sengkarang yang saat ini menjadi pioner dalam literasi di NTB.

“Komitmen kami sangat sungguh-sunggh dalam meningkatkan literasi di desa-desa termasuk di Desa Sengkang ini, karena desa ini (Sengkarang, red) memiliki taman baca,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, perpustakaan menjadi salah satu pusat informasi dan sumber ilmu pengetahuan. Selain itu, perpustakaan juga dapat digunakan sebagai sarana penelitian, rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa dan juga memberikan berbagai jasa layanan lainnya.

Dikatakan, saat ini minat baca telah tergerus dengan adanya teknologi, sehingga pihaknya terus melakukan inovasi dan bersinergi dengan pihak- pihak terkait.

“Perpustakaan itu tidak hanya tempat baca, tapi bisa jadi tempat berdiskusi. Jadi, kami sangat mengapresiasi yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia melalui literasi,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sengkarang Lalu Awaludin mengungkapkan, saat ini pihaknya telah menyusun anggaran untuk pembangunan perpustakaan desa.

“Sedang kami susun, lokasinya juga sudah ada dan insya Allah akan kita segera selesaikan, kan di desa kami juga sudah ada Lumbung Lombok yang menjadi icon kita juga,” katanya.

Awaludin berharap program yang diinisiasinya itu, dapat menumbuhkan minat baca masyarakat dengan memanfaatkan waktu luang untuk membaca, agar tercipta masyarakat yang kreatif, dinamis, produktif dan mandiri.

Insya Allah, mudahan dengan adanya perpustakaan desa, akan mampu meningkatkan taraf hidup serta kualitas sumber daya masyarakat,” harapnya.

Untuk diketahui, Penjabat Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi meluncurkan program terobosan baru yang diberi nama Jumpa Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat (Jumat Salam). Program ini dimaksudkan sebagai sarana atau media mendengarkan aspirasi serta keluhan masyarakat, terkait kebijakan atau program yang dibutuhkan oleh masyarakat. (can/w-009)