Beach Clean Up, Aksi Nyata Kolaborasi 8 BEM Universitas di Kabupaten Lombok Timur dengan Mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram

banner 120x600

Wordly.idǀLombok Timur – Delapan BEM di lombok timur dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram (KKN-PMD Unram) serta Kelompok Sadar Wisata Desa Ketapang Raya (Pokdarwis), melaksanakan program  Beach Clean Up, yang berlokasi di Pantai Lungkak, Desa Ketapang Raya, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur.

Nampaknya, kegiatan Beach Clean Up tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa KKN-PMD Unram saja, akan tetapi ada juga mahasiswa lain dari beberapa Universitas di Kabupaten Lombok Timur yang mengajak mahasiswa KKN untuk melakukan kegiatan Beach Clean Up bersama, yang diantaranya adalah:

  • BEM Universitas Gunung Rinjani,
  • BEM Institut Studi Islam Sunan Doe,
  • BEM Institut Elkatarie,
  • BEM STIT Palapa Nusantara,
  • BEM ITSKes Muhammadiyah Selong,
  • BEM Stitnu Al Mahsuni,
  • BEM Politeknik Selaparang, dan
  • BEM Institut Teknologi Kesehatan dan Aspirasi.

Kegiatan ini merupakan awal kebangkitan kesadaran bagi kita, bahwa pentingnya menjaga lingkungan sekitar untuk tetap bersih dan lestari.

“Sudah menjadi kewajiban kami sebagai mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, hal ini merupakan tanggung jawab kami sebagai generasi penerus bangsa untuk mengajak masyarakat sekitar agar terus melakukan aksi positif demi kemajuan daerahnya masing-masing,” ucap Eriska Erni Sari yang merupakan salah satu mahasiswa KKN Unram.

Jadi, kegiatan ini diawali dengan Malam Keakraban (Makrab), Sabtu (22/07/23), delapan BEM dari Universitas di Kabupaten Lombok Timur yang mengajak dan mengundang mahasiswa KKN-PMD Unram untuk kegiatan Beach Clean Up, juga ikut hadir dalam acara makrab tersebut yang sekaligus didampingi oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ketapang Raya.

Malam Keakraban Mahasiswa KKN-PMD Unram dengan 8 BEM Universitas di Kabupaten Lombok Timur

Hari kedua, Minggu (23/07/23), diawali dengan senam pagi dan sarapan bersama, dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait cara pengelolaan sampah yang benar oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Lombok Timur.

Sehabis penyampaian materi, para mahasiswa langsung bahu-membahu membersihkan pantai. Semua sampah yang ada di pantai dikumpulkan, lalu di berikan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk didaur ulang.

Disisi lain, banyak yang bertanya, mengapa Pantai Lungkak menjadi sasaran program mahasiswa KKN Unram?

Yuk Simak penjelasannya,

Jadi, Pantai Lungkak merupakan salah satu ikon pariwisata yang pantainya terletak di paling ujung timur pulau  Lombok, tepatnya berlokasi di Dusun Lungkak, Desa Ketapang Raya, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur.

Pantai ini masih sangat alami dengan suasana yang sejuk dan tenang karena sama sekali belum tersentuh dengan limbah pabrik. Selain itu, kalian juga dapat melihat pulau tetangga yakni Sumbawa dengan sangat leluasa tanpa terhalang dengan pulau lainnya.

Oleh karena itu, kami para mahasiswa akan terus mengajak masyarakat agar tetap bersama-sama menjaga Pantai Lungkak ini agar tetap asri dan indah. Karena kami yakin, bahwa pantai ini memiliki potensi untuk memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat sekitar, apabila mau mengembangkannya menjadi obyek wisata. (des/w-007)