Daerah  

Belasan Hewan Qurban Tumbang di Lapas Lombok Barat

Qurban-Lapas Lombok Barat
Kepala Lapas Lombok Barat (koko dan sarung hitam menghadap kamera) bersama istri dan beberapa pejabat Lapas saat menyaksikan penyembelihan hewan qurban
banner 120x600

Wordly.id|Lombok Barat – Pada hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah/2023 Miladiyah, suasana kegembiraan menghiasi Lapas Kelas IIA Lombok Barat. Selain pelaksanaan ibadah Shalat Ied yang penuh kesakralan berjalan tertib dan lancar, seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pun bergembira oleh belasan hewan qurban yang disembelih (dipotong).

Kepala Kanwil Kemenkumham NTB melalui Kepala Lapas Kelas IIA Lombok Barat Ketut Akbar Herry Achjar menyampaikan, sebanyak 1330 WB Lapas Kelas IIA Lombok Barat yang beragama Islam, turut serta dalam pelaksanaan shalat Ied yang diimami Ustadz Amrul Jihadi, S.Ag. Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan penyembelihan hewan qurban.

“Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, ada peningkatan jumlah hewan qurban yang akan dipotong. Selain dari Lapas sendiri, beberapa lembaga dan individu juga menitipkan hewan qurban, antara lain Bank BNI, Bank NTB Syariah, Bupati Lombok Barat dan Walikota Mataram,” ungkapnya.

“Terima kasih banyak saya ucapkan, kepada pihak-pihak yang menitipkan hewan qurban di Lapas Kelas IIA Lombok Barat,” lanjutnya.

Total hewan qurban yang disiapkan mencakup enam ekor sapi dan tujuh ekor kambing. Setelah pemotongan, seluruh daging hewan qurban akan diserahkan kepada warga binaan. Warga binaan Lapas Kelas IIA Lombok Barat, akan merasakan kegembiraan Idul Adha seperti masyarakat di luar, mulai dari siang hingga sore hari.

“Di dalam Lapas, sudah disiapkan acara untuk nanti siang sampai sore. Warga binaan akan bersama-sama nyate (membuat dan makan sate, red) di sana (steril area, red). Dagingnya langsung disiapkan termasuk bahan untuk gulainya,” jelas Kalapas.

Harapannya, apa yang dirasakan oleh masyarakat di luar Lapas juga dapat dirasakan oleh warga binaan Lapas Kelas IIA Lombok Barat. Kalapas sapaan Akbar itu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk panitia pemotongan hewan kurban dan Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan. Semoga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan tertib.

Berita ini menarik perhatian masyarakat, terutama karena adanya partisipasi aktif warga binaan Lapas dalam perayaan Idul Adha. Dengan demikian, Lapas Kelas IIA Lombok Barat memberikan kesempatan kepada warga binaan, untuk merasakan kegembiraan dan pengalaman yang sama seperti masyarakat di luar Lapas, sehingga memberikan nilai positif bagi proses pemasyarakatan dan rehabilitasi WBP. (ang/w-005)