Daerah  

Dinas Perindustrian NTB Gerakkan Revolusi Industri di Lombok Timur

Dinas Perindustrian
Tim Dinas Perindustrian NTB foto bersama instruktur (baju kuning tanpa jilbab) dan peserta bimtek
banner 120x600

Wordly.id|Lombok Timur – Desa Mamben Baru di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi saksi transformasi dunia industri kreatif yang diinisiasi Dinas Perindustrian Provinsi NTB.

Dinas Perindustrian NTB selama tiga hari menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Industri Kecil dan Menengah (IKM), khususnya sentra kerajinan bambu di Desa Mamben Baru Kecamatan Wanasaba.

Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti, S.E., M.E. saat penutupan bimtek, Rabu (29/11/2023), mengungkapkan jika bimtek tersebut bertujuan mengubah cara pandang terhadap seni anyaman tradisional, dengan mendatangkan instruktur handal Cornelia Lina Meiliasari Yogyakarya, Jawa Tengah.

“Kami berusaha mengangkat potensi luar biasa yang ada di Desa Mamben, dengan mengembangkan keterampilan anyaman untuk menciptakan produk-produk baru,” katanya.

“Ini adalah langkah menuju pemberdayaan ekonomi melalui IKM dan UMKM,” imbuhnya.

Pelatihan tiga hari ini tidak hanya memperkenalkan teknik anyaman baru seperti tas selempang, tas kecil dan tempat tisu, tetapi juga memberikan wawasan tentang penggunaan lapisan anti-jamur sebagai pelindung anyaman.

Instruktur pelatihan Cornelia, menyoroti beberapa kendala yang dapat menghambat produksi meski semangat berkarya tinggi.

“Tantangan masih ada, terutama terkait kurangnya mesin jahit, peralatan pemintal tali dan pembelah pandan. Ini bisa memperlambat produksi,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Cornelia, hasilnya patut diacungi jempol.

“Karya IKM Desa Mamben Baru tidak lagi sebatas tikar tradisional, melainkan telah berkembang menjadi produk anyaman serbaguna dengan perlindungan anti-jamur,” ujarnya. (des/w-007)