Daerah  

Ragara ini Usul Pencopotan Dirut AM Giri Menang

Gabungan Aktivis foto bersama Ketua dan Anggota DPRD Lombok Barat usai membahas Dirut AM Giri Menang
banner 120x600

Wordly.id|Lobar – Usul pencopotan (pemberhentian) Direktur Utama PT. Air Minum (Dirut AM) Giri Menang terus bergulir. Alasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Barat, yang merekomendasikan pencopotan itu kian terang benderang, yang salah satunya adalah Dirut PT. AM Giri Menang dinilai kurang dan atau tidak kooperatif.

Kejelasan alasan DPRD Lombok Barat merekomendasikan pencopotan, terungkap saat elemen masyarakat yang menamakan diri Gabungan Aktivis Lombok Barat, Selasa (30/5/2023), mendatangi gedung wakil rakyat setempat.

Ketua DPRD Lombok Barat Hj. Nurhidayah saat menerima para aktivis, membeberkan jika usul dan rekomendasi pencopotan Lalu Ahmad Zaini selaku Dirut AM Giri Menang, tidak ada muatan atau tedensi politik namun dinilai tidak ada kepatutan (tidak kooperatif).

“Dikonfirmasi sampai pukul 11.00 Wita, beliau tetap tidak bisa datang dengan alasan sedang ada acara halal bil halal,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Nurhidayah, Dirut AM Giri Menang terkesan menyepelekan setiap undangan rapat dari DPRD Lombok Barat.

“Dalam hitungan masa tiga setengah tahun, hanya satu kali Dirut PT AM hadir. Itu saat Rapat Banggar (Badan Anggaran, red) APBD 2022,” tandasnya.

“Anggota fraksi merasa tidak dihargai,” ucapnya.

Selain itu, dikatakan pula alasan lain sehingga Dirut AM Giri Menang diusulkan dan direkomendasikan untuk dicopot, termasuk kaitannya dengan pertanggungjawaban anggaran tahun 2022.

“Tentunya ada perihal yang spesifik dan tidak bisa dipertanggungjawabkan secara detail. Atas dasar itulah surat rekomendasi pemecatan dikeluarkan,” jelasnya.

“Jadi, sama sekali tidak ada hubungan politik,” imbuhnya.

Setelah mendapat penjelasan, para aktivis selanjutnya menyatakan sikap dukungan, atas usul dan rekomendasi pencopotan Dirut PT. AM Giri Menang yang lazim disapa LAZ.

“Kami bersepakat untuk mendukung rekomendasi DPRD Lombok Barat ini, dengan menggelar aksi damai, meminta Bupati Lombok Barat segera memberhentikan Dirut PT. AM Giri Menang,” ujar Asmuni selaku Ketua Gabungan Aktivis Lomnok Barat.

“Kami akan menggelar aksi damai Senin besok (pekan depan, red). Sudah jelas sikap kami ini karena kami melihat arogan dari Dirut PT. AM, dan menggiring isu seolah-olah ini hanya politisasi,” timpal Roni. (djr/w-001)