Tiga Warga Binaan Lapas Mataram Terima Kado Khusus Natal

Kepala Lapas Kelas IIA Mataram
banner 120x600

Wordly.id | NTB – Kado khusus diberikan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, kepada warga binaan Lapas Kelas IIA Mataram. Pasalnya, pada perayaan natal tahun ini tiga warga binaan mendapat Remisi Khusus Natal Tahun 2021.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Mataram Ketut Akbar Herry Achjar, Sabtu (25/12/2021), saat pemberian remisi di Auditorium Kunjungan Lapas Mataram mengatakan bahwa remisi tersebut, diusulkan melalui aplikasi Remisi Online pada Sistem Database Pemasyarakatan.

“Saya ucapkan selamat Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 bagi WBP (warga binaan pemasyarakatan, red) yang mendapatkan remisi,” ucapnya.

Dikatakan, dari lima warga binaan pemasyarakatan beragama Kristen dan Katholik yang saat ini berada di Lapas Mataram, hanya tiga orang yang berhak mendapatkan remisi khusus natal.

“Dua orang warga binaan masih berstatus tahanan dan belum berhak untuk diajukan remisi,” ujarnya.

Dalam sambutan Menkumham dijelaskan, remisi khusus natal merupakan salah satu hak yang diberikan kepada WBP, yang telah memenuhi syarat administratif dan substansif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pemberian remisi merupakan bentuk apresiasi yang diberikan negara bagi narapidana, yang telah berusaha dan menunjukkan perubahan perilaku yang lebih baik.

“Diharapkan seluruh warga binaan, dapat mengikuti kegiatan pembinaan dengan baik dan mematuhi seluruh tata tertib atau peraturan Lapas,” sebutnya.

Pemberian remisi khusus natal tahun 2021 itu menjadi spesial, karena acara pemberian remisi dihadiri oleh warga binaan non kristiani sebagai wujud toleransi beragama.

Adapun besaran remisi yang diterima masing-masing warga binaan pemasyarakatan, yakni 30 hari atau satu bulan. (Luh/W-006)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *