Unram BERISIK tentang Korupsi dan Integritas

Moderator "BERISIK" saat berbincang asyik tentang integritas dan korupsi dengan dua narasumber
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – “BERISIK” atau Berbincang Asik soal Integritas, merupakan salah satu manual Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD), Jumat (2/12/2022), dengan kajian tentang Internalisasi Pencegahan Korupsi.

Dalam sambutannya saat membuka LKMM-TD, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si., menyampaikan bahwa pendidikan tidak hanya ditempuh melalui jalur formal, namun juga dengan eksplorasi potensi diri melalui kesempatan prestisius.

“Perlu dikembangkan iklim belajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri, menumbuhkan sikap dan perilaku inovatif kreatif,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjut Prof Enny, akan mampu menghasilkan mahasiswa yang unggul, yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

“Oleh karena itu, perguruan tinggi terus mengembangkan dan mengarahkan, serta mendidik mahasiswa mampu meningkatkan daya penalaran, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni,” jelasnya.

“Berjiwa entrepreneur, penuh pengabdian serta harus bertanggungjawab untuk masa depan negara dan bangsa,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 Unram itu menyampaikan bahwa tanggung jawab untuk masa depan negara dan bangsa serta pengembangannya merupakan usaha pendidikan yang dilakukan secara penuh kesadaran seperti yang telah dilakukan tersebut. Membentuk kepribadian, pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan mahasiswa yang dilaksanakan harus paralel dengan kegiatan kurikuler untuk mencapai 17 tujuan pendidikan nasional.

Disebutkan, dalam rangka pencapaian 17 tujuan pendidikan nasional, termasuk dalam upaya mewujudkan prinsip-prinsip kebangsaan, diperlukan pembekalan keterampilan manajemen kepada mahasiswa, agar kelak mahasiswa dapat menjadi pemimpin yang memiliki kemampuan teknis.

“Usaha ini diwujudkan dalam format kegiatan ekstra kurikuler, yang diberi nama latihan keterampilan manajemen mahasiswa,” sebutnya.

LKMM-TD Unram itu menghadirkan dua pembicara, yakni Prof. Gito Hadiprayitno, M.Si. dan Dr. Lalu Edy Herman Mulyono, M.M.

Sementara secara virtual melalui zoom, hadir “BERISIK” Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbudristek Chatarina Muliana Girsang, konten kreator Sherly Annavita dan perwakilan dari Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Antikorupsi. (Ang/w-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *