Keluarga Miskin Dipastikan dapat Bantuan STB Gratis

Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti (Foto: wordly.id creator)
banner 120x600

Wordly.id | Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), memastikan bantuan Set Top Box atau STB gratis bagi keluarga/rumah tangga muskin (RTM). Demikian disampaikan Staf Khusus Menteri Kominfo Rosarita Niken Widiastuti kepada awak media, saat Bimbingan Teknis (Bimtek) Fellowship Analog Switch Off (ASO) beberapa waktu lalu.

Staf Khusus Menkominfo sapaan Niken itu, Senin (23/5/2022), mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya ASO. Pasalnya, pemerintah akan membantu penyediaan STB bagi rumah tangga miskin, agar dapat menerima siaran televisi digital pada saat dilakukannya ASO.

Set Top Box atau STB gratis untuk disediakan oleh penyelenggara multiplexing atau Mux. Pendistribusian STB gratis untuk keluarga miskin ini by name by adress. Sementara data keluarga miskin se-Indonesia, kita sudah koordinasikan dengan Kementerian Sosial,” ungkap Niken.

Baca juga: ASO Jadi Perhatian Khusus Pemprov dan KPID NTB

“Yang jelas, masyarakat pemegang kartu PKH (Program Keluarga Harapan, red) dipastikan dapat bantuan STB gratis,” tandasnya.

Dikatakan, STB gratis untuk keluarga miskin disediakan oleh penyelenggata Mux baik yang berasal dari Lembaga Penyiaran Publik (LPP) seperti TVRI, maupun Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) seperti Metro TV, Trans TV dan lainnya.

“Dalam hal penyediaan alat bantu penerimaan siaran TV digital atau STB tidak mencukupi, maka nantinya akan dibantu oleh Pemerintah sesuai PP 46 Tahun 2021,” kata Niken.

Niken juga mengungkapkan bahwa dengan telah memakai STB, maka masyarakat tidak perlu antena parabola atau yang baru. Sebab, antena televisi jenis UHF juga memungkinkan menangkap siaran TV digital.

“Dengan pakai set top box ini bukan menjadi televisi berlangganan, tidak perlu membayar bulanan, tidak pakai kuota internet, karena siaran seperti biasanya saja, hanya beli set top box saja,” tegasnya.

Senada dengan Niken Widiastuti, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik (TKKKP), Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Hasyim Gautama, dalam Diskusi Publik Virtual: Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) Kemenkominfo bersama Komisi I DPR RI yang berlangsung secara hibrid beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa bantuan STB diberikan agar seluruh masyarakat dapat menerima siaran televisi digital.

“Rumah tangga miskin atau RTM akan mendapatkan bantuan STB gratis dari penyelenggara Mux, baik berasal dari Lembaga Penyiaran Publik atau LPP maupun Lembaga Penyiaran Swasta atau LPS,” tuturnya.

Dijelaskan, masyarakat diimbau tidak perlu khawatir jika tidak mendapat STB dari penyelenggara Mux, karena penyediaannya akan dibantu oleh pemerintah.

“Sedangkan untuk masyarakat yang tidak termasuk RTM, diharapkan bisa segera membeli STB di toko elektronik terdekat, jika sudah memiliki TV digital tidak memerlukan perangkat tersebut. Jadi tinggal scanning (memindai, red) ulang program siaran,” katanya.

Untuk diketahui, Set Top Box (STB) adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, yang dapat ditampilkan di TV analog biasa sehingga dapat menerima siaran digital. Hal itu karena STB sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terresterial (DVB-T2). (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *