Lapas Lombok Barat Berantas Pungli dengan Inovasi e-Cash

E-Cash Lapas
Petugas Lapas Lombok Barat menunjukkan e-Cash Card untuk mencegah pungli
banner 120x600

Wordly.id|Lombok Barat – Lapas Kelas IIA Lombok Barat bekerja sama dengan PT. Kopasindo, menghadirkan solusi unik pencegahan praktik pungli atau pungutan liar di dalam penjara. Inovasi anti pungli yang diperkenalkan, yakni sistem transaksi non tunai menggunakan kartu e-Cash untuk semua warga binaan.

Dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih aman dan praktis di kantin Lapas, Kalapas Lombok Barat M Fadli, Kamis (7/12/2023), menegaskan jika penerapan transaksi elektronik tersebut bukan hanya untuk memudahkan berbelanja sehari-hari, tetapi juga untuk mengurangi peredaran uang tunai di dalam lapas.

“Dengan diterapkannya e-Cash sejak September lalu, kami berhasil menciptakan sistem yang berjalan lancar, sambil terus melakukan evaluasi untuk penyempurnaan lebih lanjut,” ungkapnya.

Kalapas menambahkan jika penggunaan e-Cash sebagai langkah proaktif Lapas Lombok Barat, untuk menekan potensi pungli. Menurutnya, melalui transaksi non tunai diharapkan dapat meminimalkan risiko peredaran uang tunai di dalam lapas.

“Selain membantu mengontrol jumlah uang di lapas, penggunaan e-Cash juga memberikan tingkat keamanan yang tinggi bagi warga binaan kita,” jelasnya.

Untuk diketahui, inovasi itu bukan hanya sebagai langkah menuju modernisasi, tetapi juga sebagai bentuk komitmen Lapas Lombok Barat, dalam menciptakan lingkungan yang adil dan bebas dari praktik-praktik yang merugikan. (des/w-007)