PBNU Gelar Halaqah Nasional Fiqih Peradaban di NTB

Empat narasumber dalam Halaqah Nasional Fiqih Peradaban yang digelar PBNU di Ponpes NU Darul Falah
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang merupakan organisasi keagamaan/masyarakat terbesar di dunia, Kamis (8/12/2022), menggelar Halaqah Nasional Fiqih Perabadan di Pondok Pesantren (Ponpes) NU Darul Falah, Pagutan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dua narasumber dari PBNU dihadirkan untuk mengupas tuntas materi dalam halaqah tersebut.

Halaqah Nasional Fiqih Peradaban mengusung tema “Fiqih Siyasah dan Negara Bangsa” itu, menghadirkan narasumber kompeten diantaranya Ketua LBM PBNU KH Mahbub Maafi, Sekretaris Majelis Muwassolah Habib Mujtaba bin Syahab, dosen UIN Mataram Dr. Harfin Zuhdi dan Pengasuh Ponpes NU TGH. Zafrul Fauzan Tabrani, Lc.

Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU KH. Mahbub Maafi saat pembukaan, menuturkan bahwa Halaqah Nasional Fiqih Peradaban tersebut, merupakan salah satu halaqah nasional dari 200 lebih halaqah yang diadakan PBNU.

“Nanti hasilnya akan dirangkum dan menjadi acuan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Dikatakan, halaqah nasional itu diharapkan dapat memberikan kontribusi positif, yang sesuai dengan prinsip yang digariskan ajaran Islam diantaranya al‘adalah (keadilan), al-hurriyyah (kebebasan), al-musawah (kesetaraan), as-syura (permusyawaratan) dan raqabatul ummah (kontrol sosial).

“Prinsip ini juga bukan hanya dapat diterapkan dalam sistem ketatanegaraan, akan tetapi bisa juga untuk hal-hal lain.” tandasnya.

Sementara Ketua Pengurus Cabang (PC) NU Kota Mataram TGH. Muammar Arafat, menyampaikan apresiasi kepada PBNU yang telah memilih lokasi halaqan nasional di ponpes yang dipimpinnya.

“Sangat bangga rasanya kita yang hadir ini menjadi bagian dari orang ikut membangun (konsep) peradaban,” ujarnya.

Untuk diketahui bahwa peserta Halaqah Nasional Fiqih Peradaban tersebut, berjumlah 200 peserta dari berbagai latar belakang organisasi, perwakilan ponpes dan perguruan tinggi se-NTB. (Ang/w005).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *