Masyarakat Diminta Pilih STB Bersertifikat Kominfo

Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti menjelaskan tentang STB bersertifikat saat Diskusi Publik Digital
banner 120x600

Wordly.id | Jatim – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), meminta masyarakat Indonesia teliti dalam memilih Set Top Box (STB) untuk menangkap siaran TV digital. Saat membeli STB di pasaram masyarakat agar memilih STB bersertifikat yang terdapat logo Kominfo.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti, saat Diskusi Publik Virtual dalam rangka sosialisasi Analog Switch Off (ASO), Ahad (12/6/2022), yang disiarkan secara live melalui channel YouTube resmi Kemkominfo TV https://youtu.be/ZrAflJ5dLX0.

“Membeli Set Top Box atau STB harap hati-hati, di marketplace atau di toko-toko elektronik itu banyak sekali mereknya, apapun mereknya yang yang terpenting ada logonya Kominfo,” tegasnya.

Menurut Staf Khusus Menkominfo sapaan Niken itu, memastikan STB yang terdapat logo Kominfo menandakan bahwa STB tersebut bersertifikat. Pasalnya, apabila STB yang dibeli dari pasaran baik melalui starup digital maupun toko elektronik (offline), namun tanpa disertai Sertifikat (logo) Kominfo maka STB itu tidak terjamin kualitasnya.

“Karena dengan adanya logo Kominfo, itu artinya Set Top Box itu sudah lolos Uji Laik Operasi (ULO, red) Kominfo. Kalau tanpa tanda atau logo Kominfo, artinya Set Top Box itu kalau dipasang (dirangkai dengan televisi analog, red), belum tentu bisa nyambung,” jelas Niken.

“Banyak sekali STB yang beredar di pasaran yang kualitasnya buruk, yang tidak ada tanda logo Kominfo atau belum tersertifikasi. Harap teliti sebelum membeli,” tandasnya.

Dikatakan, untuk mengetahui informasi tipe STB yang terverifikasi Kominfo sehingga mampu menangkap siaran TV digital dengan sempurna, dapat dicek melalui laman siarandigital.kominfo.go.id atau melalui aplikasi SIRANI yang tersedia di Android dan iOS.

Untuk diketahui, STB merupakan alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, yang dapat ditampilkan di pesawat TV analog biasa. STB tidak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal digital atau cukup dengan antena televisi UHF-VHF.

Sedangkan bagi masyarakat yang masuk dalam kategori keluarga atau rumah tangga miskin (RTM), akan diberikan STB cuma-cuma alias gratis yang akan dikirim by name by adress oleh menyelenggara multiplexing (Mux). (Djr/w-001)

 

 

 

#ASO #analogswitchoff #TVdigital #siarandigitalindonesia #ASO2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *