Capres Anies “Ngegas” Saingan di Debat Pilpres 2024 Perdana

Debat Capres 2024
Anis Baswedan (berdiri paling kanan) saat debat capres perdana
banner 120x600

Wordly.id|Jakarta – Calon presiden atau capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan, Selasa (12/12/2023) malam, nyatain visi-misinya dalam debat calon presiden perdana di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Fokusnya? Penegakan hukum. Tak hanya itu, Anies juga “ngegas dan nyerang” pesaingnya.

Capres Anies yang mengenakan peci hitam, dengan gayanya yang terlihat santun tapi ngegas, menyindir calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka yang menjadi cawapres Prabowo Subianto. Menurut Anies, meski ada satu milenial jadi cawapres, tapi kebanyakan generasi Z di Indonesia tidak merasakan keistimewaannya.

“Hari ini ada satu orang milenial bisa jadi cawapres, tetapi ada ribuan di dunia generasi Z, yang peduli pada anak bangsa, yang peduli pada mereka yang termarjinalkan,” sindirnya seraya menambahkan jika malah sering banget generasi muda dihadapkan dengan kekerasan saat ingin mengkritik pemerintah.

Dalam paparannya, Anies mengatakan jika para pemimpin belakangan sering membengkokkan aturan hukum buat kepentingan sendiri.

“Lihat aja, belakangan ini pemerintahan sering nggak sesuai sama prinsip-prinsip hukum kita,” ungkapnya.

Padahal, kata Anies, hukum seharusnya jadi pegangan utama buat rasa keadilan, manfaat, dan kepastian bagi semua. “Tapi apa yang terjadi? Banyak aturan ditekuk sesuai sama kepentingan yang sedang pegang kekuasaan,” serunya.

Anies berujar, Indonesia kan seharusnya negara hukum, dimana kekuasaan diatur oleh hukum. Tapi, menurutnya, kebalikannya yang terjadi, Indonesia kayaknya bukan negara hukum, tapi negara kekuasaan.

Debat seru capres itu menjadi yang pertama dari lima debat yang diatur KPU untuk Pilpres 2024. Temanya mencakup pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, penguatan demokrasi, pelayanan publik dan kerukunan warga. (Anie/w-004)