Pamungkas Capres Ganjar dalam Debat yang Bikin Keren

Ganjar-Debat
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat pertama
banner 120x600

Wordly.id|Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD patut dibanggakan. Pasalnya, kata pamungkas Capres Ganjar demikian keren dan bikin heboh debat pertama Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023) malam, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Sejak awal, dalam orasinya, Ganjar yang mengenakan kemeja putih lengan panjang bertulis “Sat-Set” di dada kanan, menegaskan konsistennya yang tidak akan “abu-abu”.

“Saya orang yang tidak pernah abu-abu, hitam-putih, sat-set, kami tidak pernah ragu-ragu,” tegas Ganjar sembari menunjuk tulisan di dada kanannya.

Yang keren abis, kata pamungkas yang disampaikan Ganjar, saat mendapat giliran setelah Anies dan Prabowo sesuai nomor urut capres. Berikut pernyataan lengkapnya.

“Ini panggilan sejarah buat Ganjar-Mahfud. Ganjar anak polisi berpangkat tidak tinggi, bertugas di kecamatan. Pak Mahfud bapaknya pegawai kecamatan,” ujarnya.

Menurut Ganjar, dirinya dan Mahfud MD dari golongan keluarga Indonesia kebanyakan.

“Kami dan Pak Mahfud ini orang kecil, yang kalau bapaknya rapat, kira-kira anggota Forkopimcam. Kami sudah terbiasa mencoba dengarkan keluh kesah rakyat,” katanya.

“Kita klasifikasi semua persoalan, afirmasi kelompok rentan perempuan, penyandang disabilitas, anak-anak manula, mereka butuh perhatian lebih. Ini jangan tinggal mereka,” lanjut Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menegaskan, dalam memimpin pihaknya akan memberikan pelayanan dan teladan.

“Pemerintah ini ada yang ketika dikritik enggak baper (bawa perasaan, red). Media menulis, ini vitamin, bukan merongrong, apalagi merasa terancam,” tandasnya.

“Demokrasi ini bisa kita terlaksana dengan baik sesuai amanah reformasi, tidak ada lagi cerita Bu Sinta, enggak ada cerita Mas Butet, tidak ada cerita Melki, karena dewasa kita dalam berdemokrasi,” sebut Ganjar.

Dalam penghormatan HAM, lanjut Ganjar, “Mari kita konsisten antara pikiran, perkataan, dan perbuatan dan saya berdiri dengan korban,” tutup Capres Ganjar.

Untuk diketahui, debat pertama dari lima debat capres-cawapres itu mengangkat tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Di sesi awal Ganjar menyampaikan visi dan misi serta program dalam waktu empat menit. (red)