WSBK Mandalika Jadi Ajang Lestaraikan Budaya dan UMKM Lokal

Kesenian tradisional Gendang Beleq yang ditampilkan saat pembukaan event WSBK Mandalika 2022 (Foto: Dok. ITDC-MGPA for Wordly.id)
banner 120x600

Wordly.id|Jakarta MOTUL FIM Superbike World K (WSBK) Pirelli Indonesian Round 2022 selesai digelar di The Mandalika, Lombok, NTB, 11-13 November 2022. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang The Mandalika dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, sangat bangga karena penyelenggaraan WSBK Mandalika 2022 menampilkan budaya Lokal Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, Selasa (15/11/2022), mengatakan bahwa dalam pelaksanaan WSBK Mandalika 2022 juga menyuguhkan sisi budaya Indonesia yang kaya dan indah.

“Penyelenggaraan event WSBK dengan mengangkat sisi budaya lokal NTB, juga terbukti menjadi nilai lebih dari balapan di Mandalika,” ujarnya.

Dikatakan, pihak Dorna, Pembalap dan Tim Balap serta peliput dari luar negeri sangat tertarik dan antusias dengan budaya yang kita bawa ke event balapan.

“Ini merupakan tujuan kita bahwa selain menggelar balapan, kita juga berkomitmen untuk mempromosikan NTB dan Indonesia ke khalayak dunia, sehingga keuntungan yang diperoleh tidak hanya dinikmati saat balapan berlangsung, tapi juga akan berlangsung dalam jangka panjang dalam bentuk peningkatan kunjungan ke NTB dan The Mandalika,” jelasnya.

Untuk diketahui, balapan WSBK Mandalika 2022 juga dimeriahkan Nusantara Festival dan Lombok-Sumbawa Fair, festival kesenian, musik dan kuliner yang diantaranya menampilkan kesenian daerah, pertunjukan musik dari talenta lokal maupun nasional serta keterlibatan berbagai usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal, guna mempromosikan destinasi unggulan, kerajinan, kuliner dan pertunjukan seni budaya lokal serta nilai-nilai kearifan lokal NTB dan Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kegembiraannya atas kesuksesan penyelenggaraan WSBK Mandalika 2022. Dimana rekor jumlah penonton yang tercipta membuktikan banyak hal positif atas Sirkuit Mandalika, BUMN yang terlibat di dalamnya serta Indonesia.

“Tingginya jumlah penonton menunjukkan antusiasme publik terhadap gelaran dunia ini, juga kepercayaan terhadap keamanan Sirkuit Mandalika serta kenyamanan sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Mandalika. Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK,” ungkap Erick.

“Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman dan sukses,” imbuhnya. 

Erick juga menggarisbawahi bahwa suksesnya pelaksanaan kejuaraan dunia level WSBK sebagai hasil kolaborasi banyak pihak, termasuk BUMN yang turut terlibat. Selain itu, para pebalap internasional yang ikut dalam kejuaraan WSBK, WSPP dan IATC dapat menjadi duta Indonesia di mata dunia, termasuk mempromosikan kekayaan budaya dan potensi pariwisata Indonesia.

“Mereka akan menyebarkan kabar baik dan indah tentang Indonesia di luar negeri,” tuturnya. (Anie/w-003)

Penonton WSBK Mandalika 2022 memadati tribun Pertamina Mandalika International Street Circuit (Foto: Dok. ITDC-MGPA for Wordly.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *