Pascasarjana Unram Angkat Isu Pertanian Lahan Kering

Suasana Seminar Nasional Pascasarjana Unram yang membahas produktivitas pertanian lahan kering di Hotel Aston Inn Mataram (Foto: Dok. Humas Unram for Wordly.id)
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Isu produktivitas pertanian lahan kering, menjadi fokus bahasan dalam Seminar Nasional yang digelar Program Magister Pertanian Lahan Kering Pascasarjana Universitas Mataram (Unram), Kamis-Jumat (20-21/10/2022), di Hotel Aston Inn Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Pascasarjana Unram Prof. Ir. M. Sarjan, M.Agr.CP., Ph,D. dalam sambutannya saat acara pembukaan, Kamis (20/10/2022), menyampaikan bahwa seminar nasional sebagai rangkaian Dies Natalis ke-17 Pascasarjana Unram, yang jatuh pada 8 September 2022 lalu itu, merupakan wadah diskusi dan berbagi informasi terkait inovasi teknologi dan rekayasa sosial, untuk meningkatkan produktivitas pertanian lahan kering.

“Acara seminar pada hari ini akan sangat bermanfaat, terutama untuk pengelolaan dan pengembangan lahan kering yang merupakan salah satu potensi yang cukup besar di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Seminar Nasional Dr. Ir. A. A. Ketut Sudharmawan, M.P., melaporkan bahwa seminar nasional itu diikuti 84 pemateri dari perguruan tinggi dan praktisi di Indonesia.

Dikatakan, tujuan diadakannya seminar nasional adalah untuk mendesiminasi hasil-hasil penelitian, kajian dan pemikiran terkait pengelolaan lahan kering dan sumber daya pertanian, penanggulangan masalah perubahan iklim, sosial ekonomi pertanian lahan kering, penanganan dan perwujudan ketahanan pangan dan gizi masyarakat lahan kering, pengembangan kelembagaan penyuluhan dan kapasitas petani lahan kering.

Beberapa pakar dari Forum Rektor Indonesia sebagai pemantik seminar diantaranya Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si., Koordinator Program dan Evaluasi Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian, Kementerian Pertanian Dr. Ir. Erna Suryani, M.Si. dan Akademisi Fakultas Pertanian Unram Prof. Ir. I Komang Damar Jaya, M.Sc., Ph.D.

Sedangkan pemateri tamu adalah Prof. Dr. Muhamad Syukur, S.P., M.Si. (Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia/PERIPI); Prof. Dr. Andi Muhammad Syakir, M.S. (Perhimpunan Agronomi Indonesia/PERAGI); Prof. Dr. Hardinsyah, MS. (Perhimpunan Ahli Gizi dan Pangan/PERGIZI PANGAN); Prof. Ir. Taslim Sjah, M.App.Sc., Ph.D. (Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia/PERHEPI); dan Prof. Dr. Ir. Sunarru Samsi Hariadi, M.S. (Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia/PAPPI). (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *