Unram Lepas 166 Mahasiswa Kampus Mengajar III

banner 120x600

Wordly.id | NTB – Sejumlah 166 mahasiswa Universitas Mataram (Unram) dilepas untuk kegiatan Kampus Mengajar III, yang merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2022. Ke-166 mahasiswa Kampus Belajar III itu dilepas secara resmi oleh Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik Unram, Selasa (1/3/2022), di Gedung Dome Unram.

WR I Unram Agusdin, S.E., M.B.A., D.B.A. mengatakan, semua perangkat peraturan atau keputusan untuk MBKM telah ada kebijakan.

Alhamdulillah, teman-teman di prodi (program studi, red) sudah menjalin kerja sama dengan prodi-prodi yang lain, yang ada dalam lingkup Unram dan dengan universitas-universitas lain. Bahkan kampus-kampus yang dipilih menjadi mitra kerja sama adalah kampus-kampus yang terkemuka,” ungkapnya.

Agusdin berharap kepada mahasiswa yang mengikuti program MBKM Kampus Mengajar, dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kuallitas sumber daya manusia (SDM) baik di bidang literasi, teknologi, kewirausahaan dan perencanaan atau pelaksanaan program-progam desa.

“Hasil dari mengikuti program MKBM ini tidak hanya mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja, namun dapat memberikan manfaat secara nyata di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Sementara Person in Charge (PIC) Kampus Mengajar III Dr. Dadi Setiadi, M.Sc. dalam laporannya mengatakan, 166 mahasiswa yang siap melaksanakan program MBKM, berasal dari Prodi Ilmu Hukum, Biologi Murni, Teknik Informatika, Teknik Elektro dan mahasiswa prodi di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

“Sebagian besar mahasiswa yang mengikuti kegiatan Kampus Belajar ketiga ini, didominasi oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” katanya.

Dikatakan, mahasiswa yang mengikuti program MBKM nantinya dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yang tidak hanya berasal dari Unram melainkan juga dari beberapa perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Hamzanwadi, STIKES Mataram serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima.

“Anda ditugaskan menjadi peserta Kampus Mengajar III Unram, bukan karena Anda sendiri tetapi atas izin universitas. Oleh karena itu, mohon Anda di lapangan nanti membawa nama baik Unram,” pesan Dedi.

“Kerjakan yang terbaik sesuai dengan tujuan dari Kampus Mengajar,” tandasnya.

Kepada para DPL juga mengingatkan untuk membimbing dengan maksimal dan mengarahkan mahasiswa dengan sebaik-baiknya agar target program MBKM dapat tercapai.

“Salah satu tujuan utama dilaksanakannya program MBKM ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa, agar memperoleh pengalaman lebih di lapangan, yaitu selama 60 sks (satuan kredit semester, red) dengan rincian 20 sks di dalam kampus dan 40 sks di luar kampus,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelepasan 166 mahasiswa Kampus Mengajar itu dihadiri para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala Biro Akademik, Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama dan Ketua Program Studi di bawah Rektor Unram. (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *