PT. Telkom Siap Terima Magang Mahasiswa Unram

Penyerahan cinderamata usai penandatanganan MoU Unram dan PT. Telkom
banner 120x600

Wordly.id | NTB – PT. Telekomunikasi Indonesia atau Telkom memberi peluang mahasiswa Universitas Mataram, yang ingin menapaki karir bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut. Hal itu terungkap saat penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU), Pengembangan Digital Ecosystem Internet of Things dan Sosialisasi Program Digital Talent, Jumat (1/4/2022), antara Unram dan Telkom di Ruang Sidang Rektor Gedung Rektorat Unram.

Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., dalam sambutan pembukanya berharap agar mahasiswa Unram memiliki kesempatan magang di Telkom, bahkan dapat bekerja di Telkom setelah menjalani magang.

“Hal ini kesempatan yang luar biasa dan bisa mendukung kita mencapai target Indikator Kerja Utama atau IKU,” kata Prof. Bambang.

Baca juga: Unram dan Kemendes PDTT Sinergi Tingkatkan SDM Desa

Prof. Bambang menjelaskan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) saat ini melihat kegiatan perguruan tinggi (PT) melalui delapan IKU.

“Sehingga perguruan tinggi diwajibkan memastikan lulusannya, kalau tidak melanjutkan studi dan berwirausaha, harus segera mendapatkan pekerjaan. Nah, dengan adanya kerjasama dengan Telkom, ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa dan lulusan Unram,” terangnya.

Lebih lanjut Rektor Unram menyampaikan, jika alumni telah bekerja maka pengisian Tracer Study juga akan menjadi lebih baik dan mencapai IKU sesuai target.

“Peluang lainnya untuk meningkatkan IKU yaitu praktisi yang ada di Telkom masuk mengajar di Unram,” kata Prof. Bambang.

Merespon harapan Rektor Unram, EVP Digital Business and Technology Telkom Indonesia Saiful Hidajat mengungkapkan, Telkom terbuka untuk mengisi kuliah tamu dan mahasiswa Unram berkesempatan mengikuti Program Internship (magang), melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Telkom.

“Internship tidak harus berasal dari teknik saja, karena digitalisasi kami masuk ke dalam semua sector,” ungkapnya.

Didampingi Tribe Leader IoT Platform and Services Ibnu, Saiful menjelaskan, saat ini Telkom masih kekurangan digital talent yang mengerti di bidang vertical, yang merupakan peluang bagi Unram untuk menciptakan digital talent dari semua fakultas.

“Setelah magang di Telkom, mahasiswa mendapatkan nilai positif lebih untuk bekerja di Telkom, dibandingkan dengan pelamar yang mengikuti jalur umum,” tandas Saiful.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unram didampingi para Wakil Rektor, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP), Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK), Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) dan para Dekan lingkup Unram. (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *