Dinas Pendidikan Kota Mataram Pastikan PPDB Berjalan Lancar

Dinas Pendidikan
Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Dinas Pendidikan Kota Mataram, memastikan kelancaran proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024. Hal itu dikonfirmasi Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Yusuf, M.Pd., Rabu (3/7/2024), jika PPDB jenjang TK, SD dan SMP di Kota Mataram berjalan sesuai petunjuk teknis (juknis) yang telah ditetapkan.

“PPDB Kota Mataram 2024 untuk SDN dan SMPN mengikuti pola yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya dan melibatkan berbagai pihak terkait,” ungkapnya.

Yusuf menjelaskan jika pelaksanaan PPDB jenjang SD dan SMP negeri tahun ini, berjalan lebih baik dibandingkan tahun lalu. Menurutnya, PPDB merupakan rutinitas yang dilakukan Dinas Pendidikan, setiap awal tahun pelajaran di seluruh Indonesia.

Yusuf juga mengatakan jika tema yang diusung tahun ini “PPDB yang berkualitas dan berintegritas, dengan proses yang transparan dan dapat diakses oleh siapa saja dari mana saja.

“Kami berharap PPDB kali ini objektif dan tidak ada tekanan dari pihak manapun,” jelasnya.

Meski demikian, Yusuf tidak menampik adanya beberapa sekolah yang kekurangan calon siswa baru, seperti yang terjadi di SMPN 9 Mataram. Untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan sekolah lain, untuk mendistribusikan siswa dari sekolah yang memiliki kelebihan daya tampung ke SMPN 9 Mataram.

“Situasinya mirip dengan tahun lalu, dimana SMPN 9 Mataram juga mengalami kekurangan siswa,” ucap Yusuf.

Untuk proses pendistribusian siswa, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan semua stakeholder, termasuk wali murid, komite sekolah dan sekolah-sekolah terkait, guna memastikan tidak ada gejolak di masyarakat. (W-010)