893 Guru Profesional Lulusan PPG Unram Dikukuhkan

Tiga srikandi lulusan PPG FKIP Unram yang dikukuhkan sebagai guru profesional
banner 120x600

Wordly.id | NTB – Sebanyak 893 lulusan PPG Daljab FKIP Universitas Mataram atau Unram Tahun 2021, Sabtu (5/2/2022), dikukuhkan dan diambil sumpah Profesi Guru Profesional (PGP) di Auditorium Muhammad Yusuf Abubakar Unram. 266 lulusan Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) itu, mengikuti secara offline (luring) dan sisanya secara online (daring) via aplikasi zoom.

Koordinator PPG Daljab Universitas Mataram Dr. H. Wildan, M.Pd., dalam laporannya menyatakan bahwa tahun 2021 pihaknya menyelenggarakan PPG Daljab dalam empat tahap, meliputi tujuh bidang studi dari sepuluh Program Studi (Prodi) S1 di FKIP Universitas Mataram, di antaranya PG-PAUD, PGSD, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, PPKN, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Kimia.

“Tingkat kelulusan tahun 2021 bila dibandingkan tahun 2020 megalami peningkatan cukup signifikan, disebabkan karena kesiapan bapak dan ibu peserta, dosen dan guru pamong, dan kesiapan kami sebagai pelaksana PPG Dalam Jabatan di Unram,” ungkap.

Wildan juga menyampaikan, terdapat tiga prodi yang belum tercover di PPG Daljab Tahun 2021 yakni Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Sosiologi.

Sementara Rektor Unram Prof. Dr. H. Lalu Husni, S.H., M.Hum. dalam sambutanya usai pengukuhan menyampaikan, sebagai Rektor dan mewakili Civitas Akademika Unram mengapresiasi para guru, yang mengikuti PPG di Unram tahun 2021 dan menjadi guru profesional.

“Saudara-saudara harus menunjukkan diri, sebagai guru yang diidam-idamkan oleh semua orang terutama oleh peserta didik. Kepada Saudara-saudara yang belum lulus, harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya, untuk mengikuti ujian ulang agar dapat lulus menjadi guru profesional,” kata Prof. Husni.

“Berkomitmenlah menjadi guru seperti olahragawan, seperti pelari, petinju yang profesional, yang justru setelah menjadi profesional, mereka semakin giat untuk berlatih dan berlatih,” pesan Rektor.

Dalam kesempatan itu, Prof. Husni mengungkapkan bahwa di usia ke-59 tahun Unram saat ini, Unram mengelola sembilan fakultas dengan prodi terbanyak ada di FKIP yaitu 14 prodi, terdiri dari sepuluh prodi S1, tiga prodi S2, satu prodi S3, dan prodi PPG.

“Beberapa hari yang lalu, saya menerima kabar bahwa izin pembukaan Program Studi Doktor Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam telah keluar, sehingga saat ini kita mimiliki dua program studi doktor,” ujarnya.

Sedangkan Dekan FKIP Unram Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc. saat menyampaikan sambutan mengatakan, salah satu ciri guru profesional yaitu aktif di organisasi profesi dengan dua kata kunci yakni hak dan kewajiban.

“Sertifikasi guru sudah dilaksanakan sejak 2008, tetapi peringkat di regional maupun internasional belum meningkat secara signifikan. Jangan-jangan permasalahan ini karena kebanyakan guru profesional, lebih memikirkan haknya dibanding kewajiban. Untuk itu kami mengharapkan hendaknya guru lebih meningkatkan diri dalam melaksanakan kewajiban,” tutur Wahabnya.

Tampak hadir dalam acara pengukuhan lulusan PPG FKIP Unram yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 tersebut, Direktur PPG Ditjen GTK Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek), para Wakil Rektor, dan para Wakil Dekan. (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *