Fakultas Kedokteran Unram Beri Pendampingan Karir Siswa di Lombok Tengah

Fak Kedokteran Unram
Dosen Fakultas Kedokteran Unram Lale Justin Amelinda Elizar, M.Psi., Psikolog
banner 120x600

Wordly.id|Lombok Tengah – Fakultas Kedokteran Universitas Mataram atau Unram kembali menegaskan komitmennya, dalam mendukung masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan pendampingan perencanaan karir dan bimbingan motivasi belajar untuk para siswi Madrasah Aliyah (MA) di Lombok Tengah.

Sentuhan unik program pengabdian kepada masyarakat Fakultas Kedokteran Unram itu, akan dilaksanakan selama dua hari (Sabtu-Ahad, 5-6 Agustus 2023) di MA Yayasan Pondok Pesantren Darul Hukumaini, Bonjeruk Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah, NTB.

Ketua tim program pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Unram Lale Justin Amelinda Elizar, M.Psi., Psikolog, Sabtu (5/8/2023), mengatakan jika program tersebut tak hanya sekadar memberikan panduan karir, tetapi juga memupuk semangat positif untuk belajar dan berkembang.

“Melalui kegiatan yang kita adakan ini, Fakultas Kedokteran Unram ingin memberikan dampak yang lebih mendalam. Kami mengajak para siswa khususnya kelas XII Madrasah Aliyah, untuk mengeksplorasi potensi diri, merancang visi karir yang inspiratif serta memberikan pandangan yang tajam, terhadap pilihan pendidikan atau peluang kerja yang ada di masa depan,” ungkapnya.

Dosen Fakultas Kedokteran Unram sapaan akrab Justin itu menuturkan, program pendampingan oleh Fakultas Kedokteran Unram itu menjadi unik dan menarik, karena melibatkan sinergi antara para dosen berpengalaman dan mahasiswa berdedikasi dari Fakultas Kedokteran Unram.

“Kami ingin menyajikan pendekatan yang kaya dan beragam. Dalam program ini, para dosen telah memberikan panduan berharga, sementara mahasiswa kami membawa nuansa segar dengan perspektif mereka yang lebih dekat dengan dunia kekinian,” jelasnya.

“Semua ini kami harapkan dapat mengilhami para siswa, tidak hanya untuk merencanakan masa depan, tetapi juga untuk mempersiapkan langkah konkret menuju tujuan mereka,” lanjut Justin.

Diketahui, untuk hari pertama tidak kurang dari 24 siswi dari kelas XII dan 25 siswi kelas XI MA Darul Hukumain, turut serta dalam program yang penuh antusias itu. Justin berharap sentuhan unik dari bimbingan ini dapat membantu siswi, dalam mengatasi kebimbangan saat memikirkan langkah berikutnya setelah lulus.

“Lewat arahan ini, diharapkan siswa-siswi mampu menggambarkan dengan lebih jelas, pilihan karir yang ingin ditekuni dan langkah-langkah strategis yang perlu diambil guna mewujudkannya,” ucapnya.

Disebutkan, inisiatif cemerlang ini menjadi bagian tak terpisahkan dari peranan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat(LP2M), yang diemban oleh Fakultas Kedokteran Unram.

Justin menyampaikan, selain membantu siswa-siswa dalam menentukan pilihan karir, program pendampingan Fakultas Kedokteran Unram itu, juga bertujuan untuk memberikan bekal yang kokoh bagi siswa, baik untuk memasuki dunia kerja dengan percaya diri maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dengan keyakinan yang tidak tergoyahkan. (djr/w-001)