Lonjakan Peserta PMM Unram 2023 Meningkat Dua Kali Lipat

PPM Unram 2023
Rektor Unram (baju batik) foto bersama usai pelepasan peserta PPM (Foto: Dok. Humas Unram for wordly.id)
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., Senin (7/8/2023), dengan penuh semangat melepas para Duta Merdeka Belajar Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Unram tahun 2023 di Gedung Dome Unram. Terjadi lonjakan hingga dua kali lipat jumlah peserta outbound PMM III Unram, yakni mencapai 281 mahasiswa dari delapan fakultas serta Program Studi Dibawah Rektor (PSDR).

Rektor Unram mengungkapkan perasaan bangga dengan capaian luar biasa dalam pelaksanaan PPM outbound Unram.

“Saya sangat berbangga atas peningkatan yang luar biasa ini, jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam program pertukaran hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya, yang tentu saja merupakan pencapaian yang patut diacungi jempol,” ucapnya.

Peserta PMM Unram terbanyak berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dengan jumlah 93 mahasiswa disusul Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan 67 peserta, PSDR 42 peserta, Fakultas Pertanian 34 peserta, Fakultas Hukum 15 peserta, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sebanyak 12 peserta, Fakultas Teknik 11 peserta, Fakultas Peternakan 5 peserta dan 1 peserta dari Fakultas Teknik Pangan dan Agroindustri (Fatepa).

“Jumlah ini naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yakni 145 peserta,” ujar Prof. Bambang.

Selain mengingatkan peserta untuk terus berprestasi dimanapun mereka berada, menjaga reputasi yang baik serta memandang kesempatan tersebut sebagai medua untuk memperkenalkan budaya NTB ke seluruh penjuru Indonesia, Rektor Unram juga tak lupa memberikan pesan berharga kepada para peserta.

“Sebagai duta, perwakilan, kalian bukan hanya dari diri kalian sendiri, melainkan juga dari institusi besar kita, Unram. Jadi, jagalah nama baik ini dengan baik. Ingatlah bahwa setiap tindakan kalian mencerminkan Universitas Mataram,” pesannya.

Untuk diketahui, ke-281 peserta PMM Unram itu akan dikirim ke berbagai universitas mitra, termasuk 26 peserta ke Universitas Gajah Mada (UGM), 22 peserta ke Universitas Airlangga (Unair), 20 peserta ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 17 peserta ke Universitas Padjajaran (Unpad), 14 peserta ke Institut Pertanian Bogor (IPB), 12 peserta ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 11 peserta ke Universitas Muhammadiyah Malang, 10 peserta ke Universitas Sebelas Maret, 8 peserta ke Universitas Negeri Malang, 8 peserta ke Universitas Negeri Yogyakarta, 7 peserta ke Universitas Pancasila dan 7 peserta akan dikirim ke Institut Teknologi Bandung.

Selain itu, masih terdapat 6 peserta akan mengikuti program PPM di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Hasanuddin dan Universitas Muhammadiyah Soedirjo. Ada juga masing-masing 5 peserta yang akan mengikuti program PPM di Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Malang serta 4 peserta akan berangkat ke Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. (des/w-007)