Mahasiswa KKN PMD UNRAM Gelar Sosialisasi POC di Desa Sama Guna

banner 120x600

Wordly.idǀTanjung – Dalam melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram Periode 2022 / 2023, dimana salah satu kelompok Mahasiswa UNRAM yang terdiri dari 9 (sembilan) orang, Rabu (12/07/23), menyelenggarakan sosialisasi terkait Pembibitan dan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC), bertempat di Aula Balai Desa Sama Guna, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

 

Sosialisasi tersebut dihadiri langsung oleh Ir.H.M.Saifuddin Zuhri selaku pemilik serta pengelola UD Lombok Lestari yang sekaligus juga menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh seluruh Perangkat Desa dan Dusun Sama Guna, Perwakilan Kelompok Wanita Tani, serta masyarakat kelompok tani.

Kegiatan ini merupakan program KKN yang utama dan bertujuan untuk menambah wawasan bagi masyarakat setempat khususnya para petani, agar bisa membuat sekaligus mengembangkan hasil tanaman tumbuhan holtikultura di pekarangan rumah. Dengan begitu, masyarakat dapat membuat Pupuk Organik Cair (POC) yang berasal dari limbah organik dan sangat mudah di dapat di lingkungan sekitar.

Praktik Pembuatan Pupuk Organik Cair

Tanpa disadari, program ini secara tidak langsung memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa Pupuk Organik Cair (POC) dapat menjaga kualitas dan kesuburan tanah serta merangsang pertumbuhan tunas sehingga sangat mendukung program dari Dinas Pertanian Maju dan Berkelanjutan.

Selain penyampaian materi dan praktik oleh para narasumber. Para Mahasiswa KKN UNRAM juga memberikan Pupuk Organik Cair (POC) kepada seluruh masyarakat di setiap dusun. Tentu hal ini sangat berdampak positif bagi masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan bisa menerapkan bagaimana langkah-langkah pembibitan dan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) yang sudah di praktikan sebelumnya agar dapat menghasilkan tanaman holtikultura yang memiliki nilai jual. (des/w-007)