Unram dan SNU Teken MoU Kolaborasi P2M

Rektor Unram dan Direktur SNU-SR menunjukkan MoU yang ditandatangani
banner 120x600

Wordly.id | NTB – Rektor Universitas Mataram (Unram) dan Direktur Seoul National University-Social Responsibility (SNU SR), Selasa (23/8/2022), menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang penelitian dan pengabdian masyarakat (P2M). Penandatanganan MoU antara Unram dan SNU tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat Unram.

Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., menyampaikan apresiasi karena selain SNU-SR bekerjasama juga telah memberikan beasiswa kepada Unram.

“SNU tidak hanya memberikan beasiswa, tetapi juga mahasiswa dan dosen dari SNU-SR akan datang ke Lombok untuk melakukan pengabdian masyarakat,” sebut Rektor Unram.

Prof. Bambang juga berharap agar MoU yang ditandatangani hari itu, akan berlanjut ke tahap selanjutnya yakni Memorandum of Agreement (MoA).

“Tentunya ini menjadi kebanggaan dan penyemangat kita. Jadi, mereka yang jauh dari Korea Selatan datang ke kita untuk kemudian bekerjasama dan membawa projek,” ujarnya.

“Silahkan manfaatkan kolaborasi ini dengan sebaik-baiknya, karena ada peluang bagi beberapa dosen untuk kuliah di SNU,” harap Prof. Bambang.

Sementara Direktur SNU-SR Prof. Yeo Myoung Souk menjelaskan bahwa selain kerjasama yang dibangun dengan Unram, pihaknya juga menjelaskan tujuan kedatangannya yang membawa projek sektor pariwisata.

“Karena itu kami berharap Unram bisa memfasilitasi kami dengan pemerintah daerah khususnya yang ada di Pulau Lombok,” ungkapnya.

Mendampingi Prof. Myoung Souk, Dorektur Global RNDB SNU Prof. Junseok Hwang, selanjutnya memaparkan materi pengenalan SNU-SR dan materi kerjasama yang dibangun, yakni “The social contribution project of capacity building in the tourism sector in Lombok, Indonesia”.

“Kerjasama ini merupakan proyek kontribusi sosial peningkatan kapasitas di sektor pariwisata di Lombok, Indonesia,” sebutnya.

Ia menjelaskan bahwa SNU-SR akan membangun pusat pelatihan ketenagakerjaan yang terintegrasi, yang nantinya dihajatkan bagi masyarakat kurang mampu.

“Pusat pelatihan ketenagakerjaan yang terintegrasi ini untuk memberikan pendidikan praktis, bagi masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup mereka,” tandasnya.

Ditemui usai penandatanganan MoU, Wakil Rektor VI Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Perencanaan Unram Yusron Saadi, S.T., M.Sc., Ph.D., menyebutkan bahwa kolaborasi yang dimaksudkan adalah mahasiswa SNU, akan bergabung dalam beberapa kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diikuti oleh mahasiswa Unram.

“Sebelumnya akan dilakukan proses seleksi, pada mahasiswa Unram yang berminat mengikuti KKN Global tersebut dan akan ada diskusi intensif antara mahasiswa dari kedua universitas,” tuturnya.

Penandatanganan MoU antara Unram dan SNU itu, dilanjutkan dengan audiensi bersama Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Romi Djalilah, kunjungan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Mataram dan Politeknik Pariwisata Lombok sebagai salah satu perguruan tinggi mitra. (Djr/w-001)

Sesi foto bersama rombongan SNU-SR dan pejabat Unram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *