Dikbud NTB Apresiasi Program Kampus Mengajar

Sosialisasi Program Kampus Mengajar angkatan keenam tahun 2023 melalui zoom
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Program Kampus Mengajar inisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), diapresiasi Dinas Dikbud Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pasalnya, angkatan keenam tahun 2023 Program Kampus Mengajar, menambahkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sasaran.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Dikbud NTB Nur Ahmad, Jumat (26/5/2023), mengatakan jika pihaknya sangat mendukung Program Kampus Mengajar tersebut.

“Apalagi jangka waktunya lumayan lama, selama satu semester kalau tidak salah,” ungkapnya.

Dikatakan, Program Kampus Mengajar dapat menjadi salah satu cara, untuk membantu kekurangan guru kejuruan atau guru produktif di SMK.

“Guru SMK masih sangat kurang, sebab setiap ada pembukaan formasi selalu sumber daya manusianya kurang, maka ketika ada Program Kampus Mengajar bisa membantu kekurangan ini,” ujarnya.

Disebutkan, Fakultas Pertanian Universitas Mataram (FT Unram), yang telah berkoordinasi dengan Dinas Dikbud Provinsi NTB.

“Nanti Fakultas Pertanian Unram akan langsung ke masing-masing SMK dan meng-cover, sesuai dengan kompetensi keahlian yaitu jurusan pertanian,” sebutnya.

“Untuk kompetensi lain belum ada,” imbuhnya.

Pihaknya juga mendorong agar kampus-kampus lain di NTB turut serta berkontribusi dalam Program Kampus Mengajar, guna mendukung pembelajaran jenjang SMK sehingga dapat berjalan dengan maksimal.

“Ini sebagai titik awal, kami harap kampus-kampus yang lain juga ikut serta dalam Program Kampus Mengajar di SMK, sehingga bisa membantu kami dan menjadi penguatan juga untuk pendidikan tinggi, khususnya vokasi,” harapnya.

Untuk diketahui, hingga angkatan kelima Program Kampus Mengajar, yang dijadikan sasaran adalah jenjang SD dan SMP. (djr/w-001)