3018 Mahasiswa Baru Jalur SNBT Ikuti PKKMB UNRAM

banner 120x600

Wordly.id|Universitas Mataram –

Sejumlah 3.018 mahasiswa baru lulus melalui Jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNGT) Universitas Mataram. Seluruh mahasiswa tersebut saat ini sedang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Mataram yang diselenggarakan mulai hari Senin, 24 Juli 2023 hingga Rabu, 26 Juli 2023. PKKMB tersebut dilaksanakan di Auditorium M. Yusuf Abubakar yang diikuti oleh 3.018 mahasiswa baru.

Seluruh mahasiswa baru tersebut terdiri dari :

– 531 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB),

– 160 orang dari Fakultas Peternakan, – 361 orang dari Fakultas Pertanian,

– 229 orang dari Fakultas Hukum,

– 138 orang dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

– 353 orang dari Fakultas Teknik,

– 148 orang dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri,

– 782 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP),

– 130 orang dari Fakultas Kedokteran, – 44 orang dari Prodi Ilmu Komunikasi, – 69 orang dari Prodi Hubungan Internasional, dan

– 73 orang dari Prodi Sosiologi.

Dr. Sujita, S.T., M.T. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menjelaskan bahwa PKKMB tahun ini merupakan wadah bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan kampus sekaligus mempersiapkan diri sebagai mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

“PKKMB tahun 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air. Diharapkan juga kepada mahasiswa baru agar dapat memahami pentingnya pendidikan yang akan ditempuh, baik itu pendidikan karakter dan pengembangan kompetensi lainnya. Tidak hanya itu, sebagai mahasiswa baru diharapkan bisa membangun sebuah ikatan kekeluargaan baik itu dengan dosen, sesama mahasiwa lainnya, serta tenaga kependidikan,” tegas Sujita.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) yakni Prof. Dr. Ir. Sitti Hilyana, M.Si., mengatakan bahwa jalur SNBT ini adalah jalur yang cukup sulit karena para mahasiswa harus lulus tes skolastik, tes penalaran matematika, serta tes literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

“Tidak ada satupun yang bisa membantu adik-adik semuanya kecuali diri adik-adik sendiri, oleh karena itu kalian sangat luar biasa”, ujar Sitti Hilyana.

WR I UNRAM juga menjelaskan bahwa akan ada pemetaan minat dan bakat bagi seluruh mahasiswa baru, dengan begitu kami para pendidik dapat mengetahui talenta apa saja yang dimiliki oleh mahasiswa dan tentu nya akan memberikan support serta fasilitas untuk seluruh mahasiswa sesuai bidangnya masing-masing.

“Kampus ini punya banyak Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM), jadi silakan bagi adik-adik yang mau mengembangkan dirinya, bisa bergabung ke organisasi yang di inginkan, baik dari segi akademik maupun non akademik,” tandasnya. (des/w-007)