IAHN Gede Puja Mataram Siap Tampung Lulusan SMK Pariwisata

banner 120x600

Wordly.id | NTB – Institut Agama Hindu Negeri atau IAHN Gede Puja Mataram, menyatakan kesiapannya menampung lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Pariwisata. Hal itu diungkapkan perwakilan IAHN Gede Puja Mataram, Senin (28/3/2022), saat pelepasan dan perpisahaan siswa-siswi Angkatan XXII SMK Pariwisata Mataram.

Sayu Kadek Jelantik, salah seorang dosen Program Studi (Prodi) Pariwisata Budaya IAHN Gede Puja Mataram, menyampaikan kesiapan pihaknya untuk menampung lulusan SMK Pariwisata yang akan melanjutkan studi.

“Di kampus kami sudah ada Prodi yang sangat mempuni untuk menampung siswa-siswa, yang memang asal sekolah menengah atasnya di bidang pariwisata. Nah, jadi SMK Pariwisata yang luar biasa keberadaannya di kota Mataram ini, memiliki peluang dan kesempatan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Dosen sapaan akrab Kadek itu mengatakan, mengingat fenomena kehidupan dan perkembangan zaman saat ini, pihaknya mengingatkan kepada siwa lulusan SMK Pariwisata Mataram, agar tidak berpuas diri hanya jadi lulusan SMK atau SMA.

“Indonesia saat ini khususnya Pulau Lombok memiliki modal besar untuk go international. Apalagi di Lombok jadi salah satu lokasi perhelatan besar dan event-event penting. Nah, kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh adik-adik,” katanya.

Menurut Kadek, sumber daya alam berupa keindahan destinasi wisata yang dimiliki Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan anugerah Tuhan yang harus disyukuri dengan cara peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Jadi event MotoGP Mandalika kemarin bukan hanya sekedar balapan, tapi wisatawan asing yang menonton juga disuguhkan pariwisata, dimana pariwisata juga berpengaruh terhadap peningkatan SDM,” jelas Kadek.

“Nah, kalau bukan adik-adik, siapa yang akan menyambut para wisatawan yang hadir setiap tahunnya,” imbuhnya.

Dijelaskan, dengan melihat kompetensi di bidang pariwisata itulah sehingga IAHN Gede Puja Mataram, membuka Prodi Pariwisata Budaya untuk mencetak tenaga kerja terampil siap kerja. Dimana pada akhirnya akan berdampak terhadap kurangnya angka pengangguran.

“Adik-adik yang berminat melanjutkan ke Kampus Institut Gede Puja Mataram cara pendaftarannya gampang, pendaftarannya pun bersifat online dan tidak dipungut biaya alias gratis, cukup klik link sesuai yang tercantum di brosur yang sudah kami bagikan,” tuturnya.

“Kalian hanya bayar uang SPP Rp.900.000 pada tiap semesternya saja,” tutup Kadek. (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *