Ini Pesan Prof. Bambang kepada 1.947 Wisudawan Unram

Rektor Unram Prof. Bambang (berdiri menghadap kamera) saat prosesi wisuda periode September 2022
banner 120x600

Wordly.id|NTB – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., Rabu (28/9/2022), berpesan agar lulusan Unram dapat menjadi agen perubahan. Pesan itu disampaikan Rektor Unram saat mewisuda 1.947 wisudawan/wisudawati periode September 2022, di Auditorium M. Yusuf Abubakar “Kampus Inovasi Berdaya Saing” Unram.

“Jaga nama baik almamater Unram dan jadilah agen perubahan bangsa dengan bekerja keras, kreatif dan inovatif serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan berdisiplin,” pesan Prof. Bambang.

Peraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dari Massey University New Zeland itu menyampaikan apresiasi, atas kerja keras wisudawan/wisudawati dalam meraih gelar kelulusan di Unram.

“Selamat kepada para wisudawan/wisudawati, karena telah berhasil menyelesaikan studi di Unram. Kerja keras yang saudara lakukan hari ini telah membuahkan hasil,” ucapnya.

“Kepada orang tua para wisudawan/wisudawati, saya menyampaikan selamat berbahagia atas keberhasilan putra/putri Bapak/Ibu,” lanjut Prof. Bambang.

Lebih jauh Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu menjelaskan, di tengah situasi pandemi Covid-19 proses pembelajaran mengalami modernisasi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) termutakhir. Karenanya Prof. Bambang berharap agar kondisi itu memacu pertumbuhan kecerdasan literasi teknologi, guna menambah skill yang diperlukan untuk masa depan.

“Di era ini lulusan Unram harus terus tumbuh berkembang, menjadi pembelajar andal yang kompeten dan bertindak cerdas, lincah dan adaptif menangkap peluang serta siap menghadapi tantangan masa depan yang terus meningkat seiring dengan kemajuan IPTEK,” ujarnya.

Di akhir pidato ilmiahnya, Rektor Unram mengutip kata bijak Thomas J. Stanley, Ph.D., untuk memberikan motivasi kepada wisudawan/wisudawati.

“Kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh IPK maupun almamater top tempat belajar seseorang semata, melainkan ditentukan oleh soft skills yang dimiliki antara lain kejujuran, disiplin, memiliki kemampuan bergaul dengan orang lain, semangat kerja keras, memiliki rasa cinta pada yang dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur dan menjual ide atau kreatifitas,” tuturnya.

Untuk diketahui, ke-1.947 wisudawan/wisudawati Unram terdiri atas satu doktor (S-3), 159 magister (S-2), 1.511 sarjana (S-1), 237 orang ahli madya (D-3) dan 39 wisudawan profesi. (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *