Gempa Tektonik Guncang Wilayah NTB

Episenter Gempa
Episenter gempa tektonik yang mengguncang wilayah NTB (Sumber: BMKG)
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa tektonik yang terjadi, Selasa (18/7/2023) pukul 12.07.24 itu, terasa di wilayah Lombok Timur, Lombok Utara dan Sumbawa Barat.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si. dalam rilis resminya menjelaskan, menurut analisa yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa terletak di koordinat 7,97° LS; 116,68° BT.

“Tepatnya berada di laut sejauh 58 km di barat laut Pulau Panjang, NTB, dengan kedalaman 22 km,” ungkapnya.

Ardhianto mengatakan jika gempa tersebut termasuk gempa tektonik dangkal, yang disebabkan oleh aktivitas sesar naik busur belakang Flores.

“Jenis dan mekanisme gempa ini terjadi akibat aktivitas sesar naik busur belakang Flores,” katanya.

Diungkapkan, guncangan gempa dirasakan dengan tingkat III MMI di wilayah Lombok Timur, Lombok Utara dan Sumbawa Barat, sementara di Kota Mataram dan Sumbawa guncangan dirasakan dengan tingkat II MMI.

“III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan tingkat II MMI adalah getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Meski demikian, belum ada laporan kerusakan yang signifikan akibat gempa ini,” sebutnya.

Dalam konteks tsunami, Ardhianto menjelaskan jika hasil pemodelan menunjukkan kalau gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu, yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Hingga saat ini, BMKG belum mencatat adanya aktivitas aftershock (gempa susulan). Meski demikian, warga diminta untuk tetap waspada dan menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

“Sebelum kembali ke dalam rumah, disarankan untuk memeriksa kestabilan bangunan tempat tinggal masing-masing,” ucapnya. (djr/w-001)