Gelar HUT Ke-14, PIRA Pastikan Prabowo Presiden 2024

Ketum PP PIRA (kiri depan) dan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-14 PIRA (Foto: Dok. Humas PP PIRA)
banner 120x600

Wordly.id|Jakarta – Memasuki usianya yang ke-14 tahun, Perempuan Indonesia Raya (PIRA) sebagai salah satu sayap Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), memantapkan tekad menjadikan Ketua Umum Partai Gerindra H. Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia 2024-2029. Tekad itu terungkap dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 PIRA, Ahad (9/10/2022), di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Ketua Umum Pengurus Pusat (Ketum PP) PIRA dr. Sumarjati Arjoso, S.K.M. melalui press release Humas PP PIRA yang diterima wordly.id, Ahad (9/10/2022), mengungkapkan bahwa PIRA sejak awal berjuang untuk berkembang dan bergerak, di seluruh wilayah RI sampai ke desa-desa.

“Jelang tahun politik 2024, PIRA akan sangat kuat bekerja mendukung pemilihan anggota legislatif (pileg, red) dan Pemilihan Presiden (Pilpres, red),” sebutnya.

“Prabowo Presiden, GERINDRA Menang, demikian cita-cita kita menjelang tahun politik ini,” tegas Sumarjati.

Dikatakan, PIRA didirikan sebagai ujung tombak gerakan perempuan Partai GERINDRA pada 9 Oktober 2008, berselang tujuh bulan pasca berdirinya Partai Gerindra.

“PIRA mengajak perempuan Indonesia berpartisipasi dalam segala aspek kehidupan sebagai warga bangsa, utamanya berpolitik praktis,” ungkapnya.

Menurut Sumarjati, separuh dari lebih 270,20 juta penduduk Indonesia adalah perempuan. Perjalanan menuju bangsa yang berhasil, besar dan bermartabat, separuhnya terwujud melalui peran perempuan.

“Politik dalam kehidupan sehari-hari bukan hal yang asing bagi perempuan. Tetapi, politik dalam jalur resmi dan terakreditasi di dalam partai politik masih langka untuk perempuan. Maka, rayanya Indonesia juga ditentukan oleh andil para perempuan negeri ini,” katanya.

Lebih jauh Ketum PP PIRA menyampaikan, Partai GERINDRA menyadari bahwa perempuan Indonesia adalah potensi. Perempuan dipastikan mampu berperan strategis di tengah segala kondisi masyarakat.

“Sejarah membuktikan, di saat kritis seringkali perempuan memiliki ketangguhan dan inisiatif, untuk bangkit menopang keluarga dan akhirnya menyelamatkan masyarakat di lingkungannya. Langkah mereka tercatat telah berkali-kali berhasil memperbaiki kondisi perekonomian, sosial dan kesehatan baik di tingkat perdesaan maupun perkotaan,” tuturnya.

Sesuai visi yang digelorakan PIRA, lanjut Sumarjati, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui gerakan perempuan, mulai dari ekonomi kerakyatan, pendidikan, dan kesehatan dalam rangka kemandirian bangsa.

“PIRA, organisasi sayap partai GERINDRA yang menjadi wadah bagi kader perempuannya, untuk mengembangkan diri di semua lini kehidupan,” ujarnya.

Sementara terkait gelaran HUT ke-14 PIRA, Sumarjati menyebutkan bahwa peringatan HUT ke-14 PIRA tahun 2022, berbeda dan sangat kuat magnitudonya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Pertama, pada usia ke-14 tahun 2022 PIRA telah berkembang di seluruh wilayah Indonesia, dengan Pimpinan Daerah (PD) di 34 provinsi dan pimpinan cabang, di 200 kabupaten/kota bahkan sampai ke ranting dan anak ranting,” bebernya.

Selain itu, jelasnya, terkait keterwakilan perempuan di lembaga legislatif khusus Partai Gerindra di periode 2019-2024, terdapat 15 anggota legislatif perempuan di tingkat Pusat (DPR RI) dan 40 anggota legislatif perempuan di tingkat provinsi (DPRD tingkat I).

“Seluruh anggota DPR RI perempuan periode ini yaitu 15 anggota DPR RI perempuan, adalah bagian dari 78 anggota DPR RI Fraksi GERINDRA atau 19,2 persen. Sedangkan rekapitulasi keterwakilan perempuan di DPR RI saat ini, adalah 118 anggota legislatif perempuan dari 575 anggota DPR RI atau 20,5 persen,” sebut Sumarjati.

Sumarjati juga menginformasikan bahwa pada HUT ke-14 PIRA kali ini, melalui penerbit Media Pandu Bangsa telah terbit buku berjudul “PIRA Berdaya, Gerindra Berjaya”.

“Ini adalah buku pertama yang terbit sepanjang PIRA berdiri, menceritakan dengan singkat-padat perjalanan PIRA bersama Gerindra sejak 2008-2022. Buku ini terbit sebagai wujud semangat PIRA yang menjadi bagian dalam perjuangan kemenangan Partai Gerindra, dalam Pemilu 2024 dan terpilihnya H. Prabowo Subianto sebagai Presiden RI 2024-2029,” jelasnya.

Untuk diketahui, rangkaian HUT ke-14 PIRA dimulai dengan bakti sosial “Jumat Berkah” di sembilan titik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, dengan pembagian nasi bungkus kepada sekitar 1.600 penerima.

“Penutup rangkaian acara HUT ke-14 PIRA adalah ‘Jalan Sehat PIRA’, yang akan dilakukan oleh para kader PIRA di sekitar Stadion Gelora Bung Karno pada Minggu, 16 Oktober 2022,” pungkasnya. (Djr/w-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *