Pemuda Hindu Lombok Gelar Lomba Tari Bali 2022

Kettua APHL (kiri) dan Ketua Krama Pura Meru (kanan) dengan background pemenang dan peserta Lomba Tari Bali
banner 120x600

Wordly.id|NTB – Pemuda Hindu Pulau Lombok yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Hindu Lombok (APHL), Ahad (2/10/22022), menggelar Lomba Tari Bali 2022 di Taman Mayura Cakranegara Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua Panitia Lomba Tari Bali 2022 I Dewa Bagus Pinatih mengungkapkan, lomba itu digelar dalam rangka usaba (selamatan) Pura Meru Cakranegara.

“Lomba tari ini dalam rangka usaba Pura Meru dengan mengusung tema ’Semangat Juang dalam Pelestarian Seni dan Budaya’,” ujarnya.

Dikatakan, karena pelaksanaan lomba hanya sehari, maka panitia menentukan empat kategori yang dilombakan.

“Jadi ada empat katagori yang dilombakan yaitu Tari Jondong, Tari Trunajaya, Tari Gebyar Duduk dan Tari Oleg Tunggal,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Aliansi Pemuda Hindu Lombok I Nyoman Loji Sagita menyampaikan bahwa sesuai tema yang diusung, Lomba Tari Bali 2022 tersebut sebagai salah satu upaya mengedukasi dan pelestarian seni budaya, khususnya seni budaya Bali di NTB.

“Ini merupakan salah satu upaya kami dalam mengedukasi generasi, bahwa sangat penting mempertahankan dan melestarikan seni dan budaya, sehingga tumbuh generasi yang memiliki jati diri,” katanya.

Menurut sapaan Oji itu, melaluai berbagai even Aliansi Pemuda Hindu Lombok ingin menunjukkan jati diri sebagai sebuah organisasi, yang memiliki manfaat bagi masyarakat Hindu pada skala mikro, pun bagi masyarakat luas khususnya di Pulau Lombok pada tataran makro.

“Artinya, kami sebagai pemuda Hindu juga ingin memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat, nusa dan bangsa tericinta khususnya Pulau Lombok ini. Ke depan, kami akan upayakan even lomba tari ini bisa menyentuh seluruh generasi muda Pulau Lombok,” jelasnya.

“Ini merupakan media kreatifitas yang akan tetap kami selenggarakan, guna mendongkrak kreatifitas generasi muda,” tutup Oji.

Sementara penglingsir Puri Agung Cakranegara Anak Agung Made Djelantik ABW yang juga Ketua Krama pPura Meru Cakranegara, menyampaikan apresiasi atas inovasi Aliansi Pemuda Hindu Lombok.

“Ini adalah perwijudan bahwa pemuda kita bisa berbuat positif yang seringkali tidak terpikirkan oleh kalangan tua. Ini merupakan media kreatifitas yang berorientasi edukatif dalam pelestarian seni budaya,” tuturnya.

Sapaan Anak Agung Made itu menegaskan, pihaknya akan selalu mensuport setiap kegiatan yang mengarah kepada hal-hal positif, dalam upaya mendukung peningkatan kreatifitas generasi muda.

“Kami akan suport dalam segala aspek dan kebutuhan program yang akan direalisasikan. Untuk para pemuda, ingat, dimana ada kemauan di situ ada jalan,” tandasnya. (Ang/w-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *