Imigrasi Mataram Deportasi Buronan U.S. Marshal Amerika Serikat

Deportasi-AS
MDP (dua dari kanan) didampingi petugas Seksi Inteldakim Mataram saat akan dideportasi
banner 120x600

Wordly.id|Mataram – Kanwil Kemenkumham NTB melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, melakukan pendeportasian terhadap warga negara Amerika Serikat yang menjadi buronan U.S. Marshal, Selasa (17/10/2023), melalui Bandara Internasional Lombok (BIL).

Warga negara Amerika Serikat inisial MDP (54 tahun) berhasil diamankan pada Senin, 25 September 2023, di sebuah penginapan di Desa Midang Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Pengamanan itu dilakukan berdasarkan surat permohonan pengamanan dan penahanan, dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya. Meskipun awalnya MDP menolak untuk dibawa ke Kantor Imigrasi Mataram, petugas berhasil meyakinkannya dengan pendekatan persuasif.

Setelah memberikan keterangan, MDP mengakui jika dirinya telah overstay di Indonesia selama 14 hari, sejak 11 September 2023.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Pungki Handoyo, saat konferensi pers menjelaskan jika MDP ditahan di Ruang Detensi Kantor Imigrasi, sambil menunggu proses administrasi deportasi dan hasil koordinasi dengan Konsulat Jenderal Amerika Serikat.

“MDP kami tahan di Ruang Detensi sambil menunggu proses deportasi. Dia telah melanggar Pasal 75 ayat (3) Undang-Undang No. 6 Tahun 2011, tentang Keimigrasian dan harus menyelesaikan proses hukum di negara asalnya,” kata Pungki.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB Parlindungan, menegaskan prinsip imigrasi Indonesia yang berlandaskan pada kebijakan selektif.

“Hanya orang asing yang bermanfaat yang boleh masuk ke wilayah Indonesia. Orang asing yang tidak bermanfaat atau berpotensi membahayakan masyarakat, harus segera ditindak untuk mencegah masalah di masa mendatang,” tegas Parlindungan.

MDP akhirnya dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram ke negara asalnya pada 17 Oktober 2023 melalui BIL. Tak hanya itu, namanya juga dimasukkan dalam daftar penangkalan. Aksi tegas ini menunjukkan komitmen Kantor Imigrasi Mataram, dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya. (djr/w-001)